get app
inews
Aa
Read Next : 'Paspampres' ala Majapahit, Ini Filosofinya

Kisah Kematian Patih Gajahmada Sempat Sakit Keras Sebelum Meninggal

Rabu, 14 September 2022 | 14:43 WIB
header img
Misteri kematian Mahapatih Gajah Mada sempat sakit keras .(Foto: Ist)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Kematian Patih Gajahmada sebagai patih besar Kerajaan Majapahit menyimpan sejumlah misteri yang belum juga terpecahkan hingga kini. Sumber informasi tersebut pun terbatas.

Hingga kini belum ada penemuan peninggalan arkeologi Majapahit yang menambah informasi terkait kisah wafatnya Patih Gajah Mada. Sumber utamanya masihlah Nagarakretagama dan Pararaton.

Dalam buku "Menuju Puncak Kejayaan: Sejarah Kerajaan Majapahit", Prof. Slamet Mulyana menguraikan ada perbedaan fakta terkait kematian Gajahmada. Nagarakretagama dan Pararaton menyebutkan angka tahun kematian yang berbeda.

Dalam Pararaton disebutkan bahwa Patih Gadjah Mada mangkat pada tahun Saka 1290. Sementara informasi pada Nagarakretagama pupuh 71/1 menyebutkan bahwa Patih Gadjahmada wafat pada tahun Saka 1286. 

Menurut Prof. Slamet Mulyana, terkait perbedaan ini, sumber Nagarakretagama lebih bisa  dipercaya. Terlebih lagi, kemungkinan besar Prapanca menyaksikan sendiri momen mangkatnya Sang Patih Amangkubhumi.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut