get app
inews
Aa Read Next : Majapahit dan Kisah Situs Biting Lumajang

'Paspampres' ala Majapahit, Ini Filosofinya

Jum'at, 09 Juni 2023 | 13:36 WIB
header img
Ada satuan Pasukan Majapahit disebut dengan pasukan Bhayangkari. (Foto: istimewa)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Penguasa tertinggi Majapahit dikenal dengan panggilan Raja atau Sri Maharaja. Raja utama Majapahit merupakan pemegang otoritas Politik tertinggi di seluruh wilayah kekuasaan Majapahit yang membawa beberapa penguasa. 

Tidak mengherankan bila penguasa utama Majapahit dikawal oleh pasukan khusus penjaga keselamatan Raja. Pasukan yang dikenal dengan istilah Bhayangkari

Keberadaan Pasukan Bhayangkari sebagai Pasukan pangalasan Raja bisa ditelusuri pertama dari catatan Mpu Prapanca dalam Negarakretagama. 

Prapanca menulis dalam Negarakretagama pupu 9.2, "Begini keindahan lapang watangan, luas bagaikan tak terbatas, menteri, bangsawan, pembantu Raja di Jawa, di deket paling muka, Bhayangkari tingkat tertinggi berjejal menyusul di deket yang kedua, di sebelah Utara pintu istana, di Selatan satria dan pujangga."

Novrida Lufillah mencatat dalam bukunya, Gayatri Akuntan Majapahit, keberadaan Pasukan Bhayangkari juga muncul dalam naskah Pararaton saat terjadi kerusuhan yang mengancam Prabu Jayanegara. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut