get app
inews
Aa Read Next : Prabowo-Gibran Menang Telak di Jatim, Energi Gerindra di Pilkada Makin Berlipat

Rusia Malah Dapat Cuan Setelah Disanksi Barat, Kok Bisa?

Selasa, 30 Agustus 2022 | 19:11 WIB
header img
Rusia malah raup untung dari penjualan minyak mentah dan energi setelah disanksi Barat.(Foto: AFP)

WASHINGTON, iNewsMojokerto.id - Adanya sanksi yang diberikan negara-negara Barat semakin membuat Rusia mendapatkan untung besar. Hal ini akibat dari penjualan minyak mentah Rusia. 

Pengamat menyebut, permintaan minyak mentah Rusia yang meningkat dibanding sebelum invasi menyebabkan cuan terus mengalir ke Rusia. Selain itu, lonjakan harga minyak mentah global yang saat ini berada di kisaran 100 dolar AS per barel semakin membuat Rusia untung besar. 

“Rusia sedang berenang di atas uang,” kata Elina Ribakova, analis dari Institute of International Finance, kepada surat kabar Wall Street Journal (WSJ) yang tayang Senin kemarin. 

Elina Ribakova menyebut Rusia memperoleh 97 miliar dolar dari penjualan minyak dan gas hingga Juli tahun ini. Hampir 74 miliar dolar di antaranya didapat dari penjualan minyak mentah.

Sementara Badan Energi Internasional mengungkap, Rusia memompa 7,4 juta barel minyak mentah dan produk seperti bensin dan solar ke pasar global setiap hari pada Juli saja. Angka tersebut hanya turun sekitar 600.000 barel per hari sejak awal 2022. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut