get app
inews
Aa Read Next : Dear Mendag, Ada PR Baru Dari DPR Soal Harga TBS Sawit

Ingin Tahu Kenapa Harga Telur Naik? Ini Penyebabnya

Kamis, 25 Agustus 2022 | 13:08 WIB
header img
Harga telur ayam ras terus mengalami kenaikan. Foto/IST 

Meski demikian, pihaknya mengaku jika harga telur ayam ras sempat mengalami penurunan. Itu trejadi pada periode Februari-Maret 2022. 

Namun akibat dari hal itu, para peternak ayam petelur melakukan afkir dini atau pengurangan populasi hampir 30 persen untuk mengurangi beban biaya produksi dan kerugian akibat rendahnya harga. 

“Replacement stock ayam petelur di kandang peternak pasca afkir dini membutuhkan waktu beberapa bulan sebelum kembali ke performa yang baik, sehingga pasokan telur ayam ras saat ini pun dapat dikatakan belum kembali normal,” tutur Syailendra. 

Kemendag mencatat, harga telur ayam ras di tingkat peternak sebelumnya tidak pernah menembus Rp22.000 per kg sejak Januari 2021 kecuali pada Desember 2021. Namun, berdasarkan informasi dari Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Indonesia, rata-rata nasional telur ayam ras di tingkat peternak pada 22 Agustus 2022 sekitar Rp27.500 per kg atau meningkat sekitar 1,6 persen dibandingkan seminggu sebelumnya dan naik 8,8 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Oleh karena itu, dia mengimbau para peternak maupun pedagang agar dapat turut serta mendukung pemerintah untuk menahan dan meredam laju kenaikan harga telur ayam ras.  

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut