Logo Network
Network

Ingin Tahu Kenapa Harga Telur Naik? Ini Penyebabnya

Trisna Eka Adhitya
.
Kamis, 25 Agustus 2022 | 13:08 WIB
Ingin Tahu Kenapa Harga Telur Naik? Ini Penyebabnya
Harga telur ayam ras terus mengalami kenaikan. Foto/IST 

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Akhir-akhir ini, masyarakat direpotkan dengan melonjaknya harga telur ayam ras di pasaran. Melonjaknya harga telur ayam ras di tingkat eceran ternyata dipengaruhi beberapa faktor. 

Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Syailendra mengatakan, penyebab harga telur ayam ras naik karena harga di tingkat peternak juga naik. Bahkan kenaikan ini tercatat sejak Mei 2022 yang sudah menyentuh harga Rp24.000 per kilogram (kg).

"Harga telur ayam ras selanjutnya terus meningkat hingga saat ini. Sementara harga jual di tingkat peternak dipengaruhi oleh tingginya Harga Pokok Produksi (HPP) peternak yang saat ini berkisar Rp21.000-Rp22.000 per kg," kata dia dalam keterangannya, Kamis (25/8/2022).

Kenaikan ini juga dipicu oleh tingginya harga bahan baku pakan (sekitar 65 persen dari HPP). Pakan ini meliputi pakan dalam negeri seperti jagung, dan juga pakan impor seperti soy bean meal (bungkil kedelai) dan meat bone meal (tepung tulang dan daging). 

"HPP tersebut kemudian mempengaruhi harga jual pada tingkat peternak dalam kondisi normal berkisar Rp22.000-Rp24.000 per kg, yang kemudian berakibat pada harga eceran telur ayam ras yang seyogyanya berada pada kisaran Rp27.000-Rp28.000 per kg," ujar Syailendra. 

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini