get app
inews
Aa Read Next : Harap Tenang, Cacar monyet Tidak Akan Jadi Pandemi Seperti Covid-19

Kemenkes Konfirmasi Cacar Monyet Pertama di Indonesia, Ditemukan di DKI Jakarta 

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 18:53 WIB
header img
Konferensi pers Kemenkes umumkan kasus pertaa cacar monyet di indonesia. (Foto: Kemenkes RI)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Kemenkes umumkan 1 kasus positif cacar monyet di Indonesia, Sabtu (20/08/22).  Kabar cacar monyet pertama ini disampaikan langsung melalui konferensi pers Kemenkes RI. 

Melalui kanal YouTube Kemenkes RI, konferensi pers mengenai penemuan kasus pertama cacar monyet disampaikan. Kemenkes menggelar pertemuan ini pada pukul 17.00 WIB. 
Telekonferensi yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Juru bicara Kementerian Kesehatan ini dilakukan dalam rangka memberi perkembangan terbaru kasus monkeypox di Indonesia.  Melalui juru bicara Kemenkes, dr. M. Syahrir menyebutkan kasus pertama monkeypox di Indonesia ditemukan di Jakarta. 

Pasien pertama ini adalah laki-laki berumur 27 tahun asal DKI Jakarta. Konfirmasi positif monkeypox didapatkan dari hasil tes PCR kemarin malam, Jumat (19/08/22). 

"Hari ini pasiennya ada 1 terkonfirmasi dari DKI Jakarta, seorang lelaki berumur 27 tahun. Mendapat laporan PCR kemarin malam," kata dr. Syahrir juru bicara Kemenkes RI. 

Dengan demikian, pengumuman ini menjadi konfirmasi valid bahwa cacar monyet sudah masuk Indonesia. Kemenkes bertindak cepat melakukan pengumuman. 

Tujuannya agar masyarakat bisa segera mendapat informasi penting perkembangan monkeypox. Kemenkes mengharapkan kesadaran masyarakat untuk ikut berperan aktif mencegah penularan monkeypox. 

Sementara ini dilaporkan kondisi pasien dalam keadaan baik. Sejumlah gejala khas cacar monyet ditemukan pada pasien.

"Pada tanggal 14 (pasien) ada demam dan pembesaran kelenjar limfa. Tapi keadaannya baik, artinya tidak sakit berat," tambah dr. Syahrir dalam junpa pers Kemenkes RI.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut