get app
inews
Aa Read Next : Timnas U-23 Lolos Semifinal Piala Asia, Jokowi Sebut Masalah Olimpiade

HUT RI Ke-77, Indonesia Patut Bersyukur

Selasa, 16 Agustus 2022 | 17:16 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato kenegaraan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia patut bersyukur dalam peringatan HUT RI ke-77 kali ini. Pasalnya, Indonesia masih mampu bertahan di tengah krisis global yang sedang melanda hampir di seluruh negara di dunia. 

Presiden Jokowi menyebut, setidaknya ada 107 negara terdampak krisis global. Bahkan ada beberapa negara yang telah jatuh dalam kebangkrutan. 

"Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit, tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi. 107 negara terdampak krisis, sebagian di antaranya diperkirakan jatuh bangkrut," ujar Jokowi dalam pidato kenegaraannya di Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD dalam rangka HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Jakarta, Selasa (16/8/2022). 

Dengan adanya krisis global itu, diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan. Padahal dunia belum sepenuhnya pulih dari krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 namun sudah harus menghadapi krisis energi dan rantai pasok makanan akibat dampak perang Rusia-Ukraina. 

"Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian dan dengan kewaspadaan. Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini," ungkap Jokowi.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut