get app
inews
Aa Read Next : Inilah Berita Pertanian Majapahit, Bukan Hanya Negeri Tanah Liat

Belajar dari Majapahit, Awal Keruntuhannya Dipicu Sosok Pemimpin yang Tidak Mendapat Dukungan Penuh

Senin, 15 Agustus 2022 | 14:28 WIB
header img
Silsilah raja Majapahit. (Foto: Direktori Majapahit)

"Agaknya Wikramawarddhana naik tahta dengan tidak mendapat dukungan penuh dari keluarga istana Majapahit. Tokoh ini sebenarnya keponakan Hayam Wuruk, ia anak dari adik perempuan Hayam Wuruk Rajasaduhiteswarī (Bhre Pajang) yang kawin dengan Singhawarddhana," tulis Agus dalam buku "Sandhyakala ning Majapahit Pembelajaran dari Pasang Surut Kerajaan Majapahit".

Pecahnya Perang Paregreg menjadi pembuka penurunan kekuatan Majapahit. Menurut Agus, pasca masa tenang setelah tahun 1400 M, Majapahit disibukkan oleh peperangan antara dua pihak, yaitu raja Wikramawarddhana yang bersemayam di Kadaton Kulon melawan Bhre Wirabhumi yang tinggal di Kadaton Wetan.

"Wikramawarddhana hanya memerintah Majapahit dengan tenang antara 1389-1400 M, kemudian pecahlah perang Paregreg (tahun 1401-1406 M) antara Bhre Wirabhumi yang menuntut tahta Majapahit kepada pihak Wikramawarddhana,"tambah Agus.

Di akhir peperangan, kemenangan berada di pihak Wikramawarddhana.  Pasca kekalahan Wirabhumi itu, Wikramawarddhana menyerahkan kekuasaan Majapahit kepada putrinya, Suhita.

Sementara itu, Wikramawarddhana memilih untuk menepi dan menjadi pendeta pada tahun  1406 M. Belum ditemukan bukti adanya gonjang-ganjing berarti dalam kepemimpinan Suhita.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut