get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut di Jalan Raya Domas, Motor Adu Kambing 2 Pengendara Tewas di Lokasi Kejadian

Update Harga Tiket 7 Lokasi Wisata Trowulan Juli 2022, Sepaket Hanya Rp 30000

Sabtu, 16 Juli 2022 | 10:11 WIB
header img
Gapura Trowulan. (Foto: Disparpora Mojokerto)

MOJOKERTO, iNews.id - Wisata Trowulan adalah kawasan bekas ibukota Kerajaan Majapahit. Area ini dipercaya sebagai pusat kerajaan yang didirikan Prabu Wijaya.

Dilansir dari laman Dinas Pariwisata Kabupaten Mojokerto, bekas ibukota Majapahit itu masih dapat kita saksikan sisa-sisanya berupa situs-situs purbakala yang tersebar di kawasan Trowulan dan sekitarnya.  

Trowulan saat ini telah berubah menjadi kawasan hunian yang relatif padat. Di tengah pemukiman penduduk inilah, di antara ladang dan sawah milik warga desa banyak didapati situs-situs purbakala peninggalan Mojopahit. 

Di antaranya yang sudah cukup dikenal adalah Candi Brahu, Candi Gentong, Candi Wringin Lawang, Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, Situs Kedaton/ Candi Sumur Upas, Siti Hinggil, Kolam Segaran, Alun-alun Umpak Sentonorejo, Situs Pendopo Agung, Makam Troloyo, Makam Putri Cempo, Kubur Panjang, Situs Lantai Segi Enam dan Rumah Hunian Majapahit

Selain situs-situs purbakala tersebut di kawasan Trowulan juga ada beberapa obyek lain yang menarik dikunjungi, antara lain Desa Wisata Bejijong, Patung Budha Terbesar di Indonesia yang terletak di Mahavihara Mojopahit, Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan (PPST) di Jatipasar, dan Kolam Renang.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut