get app
inews
Aa Read Next : LIVO SMAN 15 Surabaya Harumkan Nama Indonesia di Kancah Internasional, Dari Jepang hingga Singapura

Presiden Rajapaksa Resmi Mundur, Rakyat Sri Lanka Berpesta

Jum'at, 15 Juli 2022 | 17:56 WIB
header img
Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa. (Foto: reuters)

KOLOMBO, iNews.id - Parlemen Sri Lanka akhirnya menerima pengunduran diri Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dari jabatannya, Jumat (15/7/2022). Pengunduran Rajapaksa dilakukan dengan cara mengirim email yang dikirim dari pelariannya di Singapura

Ketua parlemen Sri Lanka Mahinda Yapa Abeywardena mengatakan, parlemen telah menerima surat pengunduran diri Rajapaksa dan akan membahasnya hingga mencari pengganti presiden baru secara konstitusi yang berlaku. 

"Dari titik ini, kita akan bergerak untuk menentukan presiden baru secara konstitusional. Ini akan berlangsung secara cepat dan sukses. Saya meminta kepada seluruh rakyat untuk mendukung proses ini," kata Abeywardena, dikutip dari Reuters. 

Abeywardena berharap segera menyelesaikan proses pemilihan presiden yang baru dalam 7 hari. Anggota parlemen akan bersidang pada Sabtu besok. 

Pemungutan suara di parlemen untuk menentukan presiden baru diperkirakan berlangsung pada 20 Juli. Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe saat ini menjabat sebagai penjabat presiden. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut