get app
inews
Aa Read Next : Nicholas Saputra Kemalingan, Rokok dan Barang Berharga Dicuri

4 Bahan Campuran Rokok yang Populer di Masa Lalu, Resep Aneh Tapi Nyata

Rabu, 06 Juli 2022 | 05:29 WIB
header img
Tembakau, bahan utama rokok, biasa diberi campuran bahan lokal. (Foto: Welcome Collection)

MOJOKRETO, iNews.id - Sejarah campuran rokok ternyata memiliki akar kisah yang cukup lama. Mengingat tembakau masuk ke Asia Tenggara sejak abad 16.

Bahan campuran rokok di masa lalu pun ternyata cukup mengejutkan. Pasalnya di masa lalu, orang-orang menggunakan berbagai bahan yang akan terdengar aneh bagi orang zaman sekarang.

Menurut penelusuran Tim iNews, setidaknya ada 4 bahan campuran rokok yang paling populer di masa lalu. Hal tersebut diungkapkan Berbard Hubertus Maria Vlekk dalam buku "Nusantara: History of Indonesia". 

Catatan tersebut diperkuat oleh Thomas Sunaryo dalam buku "Kretek, Pusaka Nusantara" yang menyebut bahwa masyarakat menghisap rokok karena mengadopsi kebiasaan para penjajah. Namun bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, ada beberapa campuran tembakau dengan bahan lokal untuk memperkaya rasa maupun aroma.

Hal ini ditemukan bukan hanya pada kalangan masyarakat atas, tetapi juga pada masyarakat bawah. Lantas bagaimana orang Indonesia biasa memadukan bahan campuran rokok? 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut