get app
inews
Aa Read Next : Rusia dan Korut Semakin Mesra, Ada Jadwal Kunjungan Dalam Waktu Dekat

Wow! Tiga Pemimpin Eropa Datang Ke Ukraina, Ada Apa?

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:45 WIB
header img
Tiga pemimpin Eropa tiba di Kiev untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelensky (Foto: Pool via Reuters)

PARIS, iNews.id - Tiga pemimpin negara Eropa datang ke Kiev, Ukraina, Kamis (16/6/2022). Padahal saat ini Ukraina sedang dilanda pertempuran dengan Rusia di wilayah timur yang semakin sengit. 

Ketiga pemimpin itu yakni Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Perdana Menteri Italia Mario Draghi. Mereka akan bertemu Presiden Volodymyr Zelensky membahas krisis. 

Kantor presiden Prancis menyatakan kunjungan ketiga pemimpin sudah dipersiapkan sejak beberapa pekan lalu. Kunjungan ini punya arti penting untuk menegaskan dukungan negara-negara tersebut terhadap Ukraina. 

Padahal sebelumnya, Prancis, Jerman, dan Italia dikritik karena melakukan pendekatan yang lebih halus terhadap Rusia. Ukraina mengkritik Prancis, Jerman, dan Italia karena dianggap seperti terpaksa memberikan dukungan terhadap negaranya. 

Mereka dianggap lamban memberikan bantuan senjata serta terkesan lebih mengutamakan kepentingan masing-masing atau mencari aman di atas masalah keamanan Ukraina. 

Di sisi lain, pasukan Rusia terus menggempur Sievieradonetsk untuk merebut sepenuhnya kota yang berada di provinsi Luhansk tersebut. Sementara pertempuran di wilayah lain juga tak kalah sengit.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut