get app
inews
Aa Read Next : Roket Hantam Majdal Shams di Israel, Hizbullah Bantah Terlibat

Kalah dengan Cuaca, Peluncuran Roket Korsel Ditunda

Kamis, 16 Juni 2022 | 06:37 WIB
header img
Roket ruang angkasa Nuri Korea Selatan. (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Korea Selatan (Korsel) terpaksa menunda peluncuran transportasi roket ruang angkasa Nuri ke landasan peluncuran. Keputusan ini diambil setelah Korsel dilanda cuaca buruk pada Selasa (14/6/2022).  

Dilansir dari Kantor Berita Yonhap, seyogyanya roket ruang angkasa Nuri akan diluncurkan dari landasan peluncuran di Naro Space Center, Goheung, desa pesisir selatan negara itu, Rabu (15/6/2022). Namun pada Selasa, angin kencang melanda wilayah tersebut. 

"Angin kencang bertiup di Pusat Antariksa Naro, dan ada kemungkinan angin bisa tumbuh lebih kuat," kata media tersebut mengutip Kementerian Sains. 

Peluncuran itu adalah percobaan kali ke kedua. Percobaan pertama dilakukan delapan bulan lalu sekitar Oktober namun belum sepenuhnya berhasil.

Kementerian mengatakan adanya cuaca buruk membuat pihaknya akan sulit untuk memastikan keselamatan pekerjanya. Peluncuran selanjutnya diharapkan berlangsung pada Kamis (16/6/2022) setelah konsultasi antara pemerintah dan Institut Penelitian Dirgantara Korea.  

Pada bulan Oktober tahun lalu, Korea Selatan melakukan peluncuran luar angkasa pertamanya dari Nuri seberat 200 ton. Roket itu berhasil terbang ke ketinggian target 700 kilometer (435 mil).  

Meski berhasil terbang, namun roket gagal menempatkan satelit tiruan ke orbit. Pasalnya, mesin tahap ketiganya terbakar lebih awal dari yang diharapkan.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut