Argentina Juara Finalissima 2022, Messi Sumbang Trofi Kedua Untuk Negara

Trisna Eka Adhitya
Argentina berhasil juara Finalissima 2022 setelah mengalahkan Italia dengan skor 3-0 di Stadion Wembley, Kamis (2/6/2022). (Foto: Reuters/David Klein)

LONDON, iNews.id - Argentina berhasil meraih juara Finalissima 2022 usai menekuk Italia dengan skor telak 3-0 di Stadion Wembley, Kamis (2/6/2022) dini hari WIB. Koleksi trofi kedua pun dikoleksi Leonel Messi untuk negaranya setelah sebelumnya menjuarai Copa America 2021. 

Finalissima merupakan piala yang mempertemukan jawara Piala Eropa dengan Copa America. Dalam laga ini, Argentina berhasil mengontrol jalannya pertandingan atas Italia. 

Awal babak pertama, La Albiceleste terus menyerang lini pertahanan Giorgio Chellini dan kolega. Namun gawang Italia yang dijaga Gianluigi Donnarumma masih tetap belum kebobolan. 

Tak mau tertekan terlalu lama, pada menit ke-15 tim Italia mampu menemukan ritme permainan. Beberapa peluang pun diciptakan meski tidak membuahkan gol. 

Hingga menit ke-25 skuad asuhan Roberto Mancini masih mengontrol permainan. Namun karena terlalu asik menyerang, Gli Azzurri justru diacak-acak Messi dan kawan-kawan. 

Pemain berusia 34 tahun itu melepaskan umpan matang kepada Lautaro Martinez yang akhirnya membobol gawang Donnaruma pada menit ke-28. Papan skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Argentina. 

Tertinggal, Italia mencoba merespon dengan serangan masif. Peluang demi peluang tercipta meski tidak menghasilkan gol. 

Hal itu pun dimanfaatkan Argentina untuk menambah keunggulan. Kali ini melalui Angel Di Maria yang mencatatkan namanya di papan skor di akhir babak pertama membuat skor berubah menjadi 2-0 untuk Argentina. 

Memasuki babak kedua, Argentina semakin nyaman bermain. Permainan terbuka dan bangunan serangan diperagakan Messi dan kolega. 

Italia juga sempat berusaha melancarkan serangan dari berbagai lini. Namun serangan Italia masih belum efektif membongkar pertahanan Argentina. 

Hingga pada akhir babak kedua, Paulo Dybala mampu membuat gol penutup laga di masa injury time. Skor 3-0 pun tak terhindarkan untuk kemenangan Argentina. 

Susunan Pemain Timnas Italia vs Argentina: 

Italia (4-3-3): 

Gianluigi Donnarumma, Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini (Lazzari 46’), Emerson (Bastoni 77’), Matteo Pessina (Spinazzola 62’), Jorginho, Nicolo Barella, Federico Bernadeschi (Locatelli 46’), Andrea Belotti (Scamacca 46’), Giacomo Raspadori. 

Pelatih: Roberto Mancini 

Argentina (3-4-1-2): 

Emiliano Martinez, Cristian Romero (Pezzella 85’), Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico, Nahuel Molina, Rodrigo De Paul (Palacios 76’), Guido Rodriguez, Angel Di Maria (Gonzalez 90+1’), Lionel Messi, Lautaro Martinez (Alvarez 85’), Paulo Dybala. 

Pelatih: Lionel Scaloni
 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network