Keren, 15 Kitab Kuno Koleksi Ponpes Tebuireng Didigitalisasi

Abdul A
Proses digitalisasi kitab kuno koleksi Pondok Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur

Dalam kurun waktu itu juga para ahli waris berhasil merawat khazanah manuskrip peninggalan leluhurnya dengan baik. Sejumlah kajian juga turut dilakukan baik oleh kalangan santri setempat maupun para sarjana di luar pesantren.

“Kitab-kitab kuno ini memiliki khazanah dan keistimewaan, sehingga perlu disampaikan kepada masyarakat dan generasi penerus. Makanya perlu adanya digitalisasi,” jelas Abdullah.

Dengan kondisi kitab kuno yang ada di Ponpes Tebuireng sangat beragam dan ada yang masih terawat bagus maupun yang sudah mengalami kerusakan, tim agak terhambat dalam mendigitalisasikan.

“Kalau hambatan, mungkin karena kitabnya sudah tua dan ada yang sobek-sobek jadi agak terhambat pemotretannya. Dalam sehari kami hanya bisa mendigitalisasi sekitar 500 halaman saja,” paparnya.

Sementara itu, Mohamad Anang Firdaus Ketua LP2M Mahad Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng merasa terbantu dengan adanya digitalisasi ini. Menurutnya, memang sudah eranya digital, sehingga kitab kuno seperti ini bisa dinikmati dan dipelajari untuk generasi selanjutnya.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network