Luar Biasa, Capaian Kinerja Pemkot Mojokerto Tahun 2021 Diatas 100 Persen

Trisna Eka Adhitya
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari. (Foto: Trisna Eka Adhitya)

MOJOKERTO, iNews.id - Pemkot Mojokerto di tahun telah mencatatkan capaian indikator yang luar biasa. Yakni dengan sudah melampaui target capaian sebesar 102,77 persen sehingga telah melampaui target akhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023.  

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyatakan hampir secara keseluruhan, Pemkot Mojokerto telah berusaha keras dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ini dibuktikan dengan 9 indikator kinerja yang hampir kesempuanya telah melampau target capaian diatas 100 persen. 

Pada tahun 2021, rata-rata indikator kinerja Kota Mojokerto telah mencapai sebesar 109,22 persen. Rinciannya, 8 indikator telah terlampaui targetnya dan 1 indikator yaitu indeks reformasi birokrasi belum ada nilainya karena masih menunggu rilis dari Kemenpan-RB.

“Selanjutnya apabila dibandingkan dengan target akhir RPJMD tahun 2023, maka capaian rata-rata indikator tujuan hingga saat ini sebesar 102,77 persen atau sudah melampaui dibandingkan dengan target akhir RPJMD Kota Mojokerto tahun 2018-2023,” jelas Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto saat sidang paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Wali Kota Mojokerto Tahun Anggaran 2021 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kamis (31/3/2022).

Adapun berdasarkan uraian capaian pada urusan wajib pelayanan dasar dan non pelayanan dasar, urusan pilihan, unsur penunjang, unsur pendukung, unsur kewilayahan, dan pemerintahan umum dapat dikatakan bahwa sebagaian besar program beserta indikator kinerja program telah tercapai.

Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Mojokerto juga menyatakan, terkait rekomendasi DPRD Kota Mojokerto pada penyampaian LKPJ Wali Kota Mojokerto tahun 2020 lalu, Pemkot telah menindaklanjuti seluruh usulan dari 17 usulan yang disampaikan.  

“Rekomendasi tersebut telah ditindaklanjuti melalui penyusunan perencanaan pada tahun 2021 dan tahun berikutnya, kemudian kami tindak lanjuti melalui penyusunan anggaran pada tahun 2021 dan tahun berikutnya, serta kami tindak lanjuti melalui penyusunan peraturan daerah, peraturan Kepala Daerah, dan/atau kebijakan strategis Kepala Daerah,” imbuhnya.

Lebih lanjut pada kesempatan ini, Wali Kota Ning Ita juga menyampaikan puluhan prestasi yang telah dicapai oleh Pemerintah Kota Mojokerto selama tahun 2021 baik di tingkat regional maupun nasional sebagai efek dari tercapainya indikator kinerja. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network