SRC Diskusi Pilkada, Angkat Tema Soal Demokrasi Bersih dan Beradab

Trisna Eka Adhitya
Sygma Research Consulting saat menggelar diskusi terbuka bertema Mengawal Demokrasi yang Bersih dan Beradab. (Foto: Trisna Eka Adhitya)

SURABAYA, iNewsMojokerto.id - Sygma Research Consulting menggelar Diskusi Terbuka jelang Pilkada Serentak di Jatim di Aula PWI Jatim,  Rabu (19/8/2024). Diskusi kali ini mengambil tema "Mengawal Demokrasi yang Bersih dan Beradab".

Diskusi ini menghadirkan Lutfil Hakim, Ketua PWI Jatim, Dr. Jamil, Akademisi Universitas Ubhara, Dr. Harliantara, Dekan Fikom Universitas Unitomo, Dr. Umar Sholahudin Dosen UWKS, serta puluhan mahasiswa dari berbagai kampus di surabaya.

Direktur Sygma Research Consulting, Musonif Afandi, menerangkan, kegiatan ini bertujuan bentuk kontribusi kami dalam mengawal Demokrasi bersih dan beradab.

"Ketika kita di lapangan masih melihat ada intervensi dari aparat maupun dari pemerintah kepada ASN maupun organisasi masyarakat. Ketika mereka berekspresi mereka serasa tidak bebas," katanya. 

"Mereka ini mengaku jika ada pergerakan mahasiswa merasa tidak nyaman dan mereka diminta tidak terlalu kritis dan tidak melakukan ekspresi," lanjut dia.

Tekanan yang diartikan, bahwa agar masyarakat maupun mahasiswa tidak terlalu vocal. Salah satunya di malang pada saat ada kegiatan dan mengeluarkan uneg uneg nya dibatasi.

"Tema pada kegiatan hari ini konsisten terhadap demokrasi yang sehat dan beradab, demokrasi yang beretika jadi tidak ada intervensi dan setiap masyarakat diberi kebebasan untuk menyuarakan aspirasinya," ungkapnya.

Sementara itu Dr. Umar Sholahudin, salah satu nara sumber yang hadir pada kegiatan ini menyoroti adanya kotak kosong dibeberapa daerah di Jatim seperti di Kota Surabaya.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network