Kenapa Motor Hanya Boleh Dinaiki 2 Orang? Jika Lebih, Ini Bahaya yang Mengintai

Trisna Eka Adhitya
Bahaya mengendarai motor lebih dari dua orang. (Foto: Ilustrasi/Okezone)

SEMARANG, iNewsMojokerto.id - Sepeda motor diciptakan memang hanya untuk dinaiki maksimal dua orang. Jika lebih, ada bahaya yang akan mengintai baik untuk pengendara maupun penumpang. 

Seringkali, kecelakaan fatal pun terjadi ketika naik sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang. Karena pada dasarnya, desain sepeda motor baik dari ukuran jok, ruang kaki, titik berat, jarak sumbu roda dan berbagai hal lainnya tentang motor telah diciptakan dengan tingkat keamanan yang memadai untuk maksimal dua orang. 

Kelebihan beban akan tercipta manakala ada lebih dari dua orang yang menaiki sepeda motor. Telapak ban akan melebar karena beban berlebih, hingga daya yang dibutuhkan untuk memutar ban dan dayayang dibutuhkan untuk menggeser arah ban depan akan sangat berpengaruh terhadap akselerasi. 

"Sehingga menjadi lamban (terutama matik) dan setang akan menjadi lebih berat. Dampak pada rem adalah membutuhkan jarak lebih jauh untuk berhenti karena beban yang berlebihan," kata Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto, Selasa (24/1/2025).

Waktu mencari keseimbangan motor juga akan jauh lebih lama. Koreksi stang untuk menjaga keseimbangan agar stabil akan jauh lebih sulit. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network