Peluang Besar, Produsen Mobil Listrik di Indonesia Baru Ada Dua

Trisna Eka Adhitya
Gaikindo mencatat saat ini baru dua pabrik yang memiliki kapasitas produksi mobil listrik dengan total kapasitas produksi 13.000 unit. (Foto: inews.id, Reuters)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Pemerintah menginginkan pabrikan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) dapat membangun pabriknya di Indonesia. Peluang ini sangat terbuka lebar pasalnya saat ini di Indonesia hanya ada dua pabrik, yakni Hyundai dan Wuling yang mampu memproduksi hingga 13.000 unit per tahun. 

"Saat ini ada dua pabrikan yang sudah siap. Di mana kendaraan listrik dirakit di Indonesia, kapasitasnya 13.000 unit per tahun," ujar Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara dalam Ngovsan Forwot, Kamis (15/9/2022).

Menurutnya dengan semakin banyaknya pabrikan yang memproduksi EV di Indonesia akan mendapat dukungan penuh dari pemerintah yang tengah menggencarkan penggunaan mobil listrik di tanah air. Kukuh juga mengungkap, dengan produksi mobil listrik di dalam negeri juga dapat membantu untuk meningkatkan devisa negara. 

"Ini harus diproduksi di dalam negeri. Jangan impor karena akan merusak devisa. Sebab itu, harus digunakan dan dibuat di dalam negeri," katanya. 

Kukuh juga mengungkapkan, Gaikindo ingin langkah Hyundai dan Wuling juga diikuti pabrikan lain. Konsumen mobil listrik di Indonesia kedepan juga diprediksi akan terus mengalami peningkatan.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network