Harap Tenang, Cacar monyet Tidak Akan Jadi Pandemi Seperti Covid-19

Trisna Eka Adhitya
Ilustrasi Cacar monyet (Foto: Ant)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Kasus monkeypox atau cacar monyet sudah masuk ke Indonesia. Meski masyarakat diminta tetap waspada, tapi diperkirakan tidak akan menjadi pandemi seperti Covid-19.  

Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman menyebut persoalan pandemi bukan hanya menyangkut wabah besar, tapi juga bekal imunitas masyarakat di dunia.

"Setidaknya, 30 persen lebih penduduk dunia ini punya kekebalan terhadap monkeypox, yang ini asalnya dari proteksi proteksi silang dari vaksinasi smallpox itu, nah ini yang menbedakannya dengan Covid-19 sehingga potensi itu mengecil," ujarnya, Minggu (21/8/2022). 

Menurutnya, pengobatan hingga vaksin cacar monyet telah diproduksi di dunia. Hal ini tentu menimbulkan perbedaan yang signifikan terhadap virus Covid-19 yang menjadi pandemi di seluruh dunia. 

"Karena perilakunya kelompok beresikonya ada di Indonesia. Jadi, ini perkara kecepatan kita dalam menemukan karena kalau ketemunya sekarang sebetulnya yah sudah lama dia ada di sini, setidaknya 3 atau 4 minggu lalu dan ini tak usah mengherankan kita karena ini penyakit dengan masa inkubasi yang lama dan sekali lagi perilakunya ada," tuturnya. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network