get app
inews
Aa Read Next : Nekat Buka di Bulan Ramadan, Tempat Hiburan Malam di Jombang Digerebek, Perempuan Seksi Diangkut

Momen Ramadan, Wapres Ajak Tingkatkan Ketakwaan dan Solidaritas

Jum'at, 01 April 2022 | 06:57 WIB
header img
wapres ma'ruf amin

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak seluruh masyarakat Indonesia menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1443 hijriah sebagai momentum peningkatan ketakwaan. Solidaritas untuk bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19 juga menjadi perhatian.

“Saya mengharapkan bulan Ramadan kali ini bisa menjadi momentum untuk meningkatkan ketakwaan kita, tumbuhnya solidaritas bangsa, serta kita bisa keluar dari pandemi,” kata Wapres pada acara Syiar Islam dan Tarhib Ramadhan 1443 H Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kamis (31/3/2022).

Bulan Ramadhan kali ini, Wapres juga meminta masyarakat tidak hanya menjalankan ibadah puasa hanya untuk menahan lapar dan dahaga semata. 

"Puasa harus menghasilkan ketakwaan. Apabila puasanya tidak melahirkan ketakwaan, berarti puasanya seperti yang disebutkan oleh Hadist Nabi, hanya sekadar puasa lahiriah yang hanya mengalami lapar dan dahaga semata-mata,” tegasnya. 

Wapres pun mengatakan di bulan Ramadhan tahun ini, hubungan habluminallah dan habluminannas menjadi hal yang penting dalam tugas manusia meningkatkan ketakwaannya kepada Allah SWT. 

“Sebagai bulan peningkatan amal ibadah vertikal kepada Allah SWT, hablumminallah dan penguatan hubungan muamalah insaniyah secara horizontal kepada masyarakat atau hablumminannas,” ungkapnya. 

Bahkan, kata Wapres, MUI telah memberikan satu pesan kepada kita semua untuk menghormati dan mensyiarkan bulan Ramadan sebagai bulan yang rahmat dan penuh kasih sayang, bulan penuh ampunan. 

“Tentu saja sangat wajar agar kehidupan masyarakat di bulan Ramadan bisa menampakkan suasana puasa Ramadan di negara mayoritas muslim ini,” jelas Wapres.

Wapres juga berharap agar ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan ini dapat diterima dan dapat menyelesaikannya dengan baik. 

“Insya Allah kita akan bertemu dengan bulan Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi dan diberikan kesehatan oleh Allah SWT sehingga kita bisa menjalankan puasa yang baik disertai ridha dan maghfirohnya. Kita sambut bulan ramadan dengan ucapan marhaban bik ya ramadan, marhaban ya syahro syiam. Selamat datang wahai bulan Ramadan, selamat datang wahai bulan puasa,” kata Wapres. 
 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut