get app
inews
Aa Read Next : Rusia dan Korut Semakin Mesra, Ada Jadwal Kunjungan Dalam Waktu Dekat

Presiden Ukraina Klaim Krisis Pangan Dunia Bisa Terjadi, Ini Sebabnya

Rabu, 23 Maret 2022 | 16:51 WIB
header img
Presiden Ukraina Volodymir Zelensky

KIEV, iNews.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memperingatkan jika Rusia terus membombardir Ukraina, berpotensi menimbulkan krisis pangan dunia. Hal ini lantaran ekspor gandum dari Ukraina bisa berhenti di tengah jalan. 

Dalam tautan video yang ditujukan kepada Parlemen Italia, Zelenskyy mengatakan sebagai salah satu pengekspor terbesar bahan makanan utama berpotensi tidak dapat mengirimkan produknya akibat serangan terus menerus dari Rusia. 

"Bagaimana kita (petani Ukraina) dapat menabur benih di bawah tembakan artileri Rusia?" tanyanya.

Ia juga mengungkapkan, bahwa Ukraina memiliki pelabuhan yang ada di Kota Mariupol. Namun Pelabuhan yang ada di Laut Hitam yang menjadi akses keluar ekspor gandum dan jagung jika berhasil dikuasai oleh Rusia maka pengiriman dapat berhenti.

"Bagaimana kita harus menabur benih ketika musuh dengan sengaja menempatkan ranjau di ladang dan menghancurkan pangkalan BBM?"

Presiden Zelenskyy juga menyebutkan Rusia menempatkan ranjau di dekat pantai Ukraina yang dapat menimbulkan ancaman bagi negara-negara tetangga karena dapat hanyut ke bagian-bagian lain di laut.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut