get app
inews
Aa Read Next : Siap-Siap Daftar, Pemkot Mojokerto Buka Program Beasiswa Bagi Mahasiswa

Menpan RB Sebut Mojokerto Berpotensi Jadi Seperti Kota Acropolis di Yunani

Selasa, 22 Maret 2022 | 20:02 WIB
header img
Menpan RB Tjahyo Kumolo saat meresmikan Mal Pelayanan Publik Gajah Mada Kota Mojokerto, Selasa (22/3/2022).

MOJOKERTO, iNews.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menilai Kota Mojokerto merupakan kota penuh sejarah. Menurutnya Kota Mojokerto dapat disamakan dengan Kota acropolis yang ada di Yunani

Ini disampaikan Menpan RB Tjahyo Kumolo saat meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada milik Pemkot Mojokerto, Selasa (22/3/2022). Dalam kunjungan kerjanya ini, dia disambut Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari beserta Forkopimda Kota Mojokerto.

"Ini kan cikal bakal kerajaan Majapahit. Aliran sungai begitu banyak, siapa tahu suatu ketika akan ditemukan kerajaan yang benar," ujarnya.

Rupanya Kota Mojokerto memiliki daya tarik tersendiri bagi Tjahjo Kumolo. Itu tak terlepas dari latar belakang Kota Mojokerto yang pada abad ke-13 lalu berdiri kerajaan besar bernama Majapahit.

Dengan sejarahnya yang panjang, Tjahyo bahkan menyamakan Kota Mojokerto dengan kota penuh sejarah Acropolis yang ada di Yunani sana. Menurutnya, Pemerintah Yunani dalam menemukan kota kuno telah membuat studi selama bertahun-tahun. 

"Akhirnya diputuskan menggali dasar, digali anggaran yang begitu besar hampir 20 tahun lebih munculah kota ini," bebernya.

Dengan demikian, menurutnya kebesaran Majapahit dan wilayah Kota Mojokerto yang menjadi bagian dari itu dapat semakin dikenal luas. Apalagi hal itu didukung dengan banyaknya aliran sungai yang melintasi Kota Mojokerto, yang dulu kemungkinan pernah digunakan oleh armada laut Majapahit. 

"Kan kelihatan armada kapal Gajah Mada yang dulunya kuat dengan aliran sungai yang ada. Ini kalau bisa ada gambaran yang besar akan kita wujudkan menggali Kerajaan Majapahit," tegas dia.

Tjahjo kemudian mencontohkan seperti Candi Borobudur dahulunya. "Borobudur itu menggali sekian ratus meter, baru muncul candi Borobudur dan sebagainya," lanjut dia.

Sementara itu dalam peresmian Mall Pelayanan Publik, Tjahjo menyebut  mall layanan publik adalah bagian penjabaran visi dan misi presiden untuk meningkatkan kualitas layanan publik. 

"Mall terpadu bisa terintegrasikan. Sehingga masyarakat Kota Mojokerto ketika masuk sini selesai semua. Mulai visa, KTP, perpanjangan pajak, kartu keluarga, akta kelahiran, SKCK, pasport, BPJS dan semua satu atap selesai," tegas dia.

Atas terwujudnya Mall Pelayanan Publik ini Tjahjo mengapresiasi Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari. Menurutnya Pemkot Mojokerto telah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat di Kota Mojokerto.

"Setidaknya janji ibu pada kampanye terwujud, yaitu melayani masyarakat dengan baik. Dan kecepatan pelayanan pada masyarakat itu bisa terwujud melalui mall," imbuhnya.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut