get app
inews
Aa Read Next : Dukung Potensi Wisata Kota Lama Surabaya, PTPN I Regional 4 Buka Pameran Fotografi

MotoGP Mandalika Jadi Ajang Pemulihan Pariwisata Indonesia

Kamis, 10 Maret 2022 | 17:05 WIB
header img
ilustrasi penonton MotoGP mandalika. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Gelaran MotoGP Mandalika 2022 diharapkan mampu mendorong geliat pariwisata tanah air untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional. Untuk itu perlu dukungan semua pihak untuk memulihkan perekonomian khususnya dari sektor pariwisata. 

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan pemerintah berambisi menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai lokasi MotoGP dalam 10 tahun ke depan. Pada tahun ini Dorna Sports menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP. 

"Ini acara kita semua. Tak hanya tahun ini, tapi juga dalam 10 tahun ke depan. Mari dukung Pertamina Grand Prix of Indonesia untuk memajukan ekonomi dan pariwisata kita, serta menjadikan Indonesia maju, makmur, dan mendunia," ungkap Erick melalui akun Instagramnya, Kamis (10/3/2022). 

Erick menilai gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Mandalika (MotoGP Mandalika) membuka peluang pariwisata Indonesia semakin mendunia di kancah internasional. 

MotoGP sebagai ajang bertaraf internasional menjadi kesempatan terbaik bagi negara dan masyarakat memperkenalkan Indonesia di mata dunia, khususnya destinasi wisata selain Bali. Nusa Tenggara Barat memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik dengan Bali, dan diharapkan semakin berkembang seiring ajang MotoGP Mandalika.

Momentum ini menjadi alasan utama Erick Thohir melakukan pengawalan baik proses konstruksi sirkuit gungga proses penyelenggaraan event MotoGP nantinya. Terutama, ada sinergi dan kontribusi BUMN di dalamnya, mulai dari pembangunan sirkuit, infrastruktur pendukung, sarana akomodasi hingga sponsorship. 

Adapun perusahaan pelat merah yang mengambil peran strategis sejak awal hingga pelaksanaan MotoGP diantaranya, Holding BUMN Pariwisata atau InJourney, PT Pertamina (Persero), PT Angkasa Pura (Persero), PT Telkom Indonesia Tbk, PT Pelindo (Persero), PT PP (Persero), PT Wijaya Karya (Persero), hingga Himbara.  

"Beberapa BUMN terlibat mulai dari InJourney, Pertamina, Angkasa Pura, Pelindo, PP, WIKA, Telkom, dan juga Himbara," kata Erick.  Erick menambahkan, total kontribusi perusahaan negara terhadap pelaksanaan MotoGP 2022 mencapai Rp3,8 triliun. Jumlah itu terdiri dari investasi pembangunan sirkuit, infrastruktur pendukung, pembangunan hotel untuk akomodasi, dan sponsorship.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut