get app
inews
Aa Read Next : Pasar Murah Muslimat NU, Ada Sentuhan Khofifah, Warga Rela Antre untuk Dapatkan Sembako Murah

Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme, Warga Dusun di Jombang Upacara Kemerdekaan RI di Sawah

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 10:33 WIB
header img
Warga Dusun di Jombang Upacara Kemerdekaan RI di Sawah. Foto iNewsMojokerto/zainul

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Peringatan hari ulang tahun ke-79 Republik Indonesia (HUT ke-79 RI) tidak hanya terjadi di perkantoran dan instansi resmi. Di Jombang, Jawa Timur, ratusan warga menggelar upacara HUT RI dengan cara yang unik, yakni di sawah.

Dalam upacara itu, ratusan warga tampil dengan beragam kostum sehari-harinya, mulai bersarung, berdaster, pakaian batik, ada pula yang kompak berseragam pakaian organisasi muslimat NU dan banser NU.

Upacara yang tak biasa tersebut diadakan warga Dusun Plosokendal Desa Plosogeneng Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu pagi (17/8/2024). Mengenakan berbagai kostum seadanya, warga berkumpul di areal persawahan dusun setempat untuk menggelar upacara bendera dalam rangka merayakan HUT RI.

Meski kostum-kostum yang dipakai seadanya,  warga tetap menjalankan upacara dengan khidmat. Mereka mengibarkan bendera merah putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan bersama-sama memanjatkan doa. Upacara dipimpin Kepala Dusun Plosokendal, Mas'ud.

Salah seorang tokoh pemuda Plosokendal, Desa Plosogeneng, Agus, mengatakan upacara bendera memperingati HUT ke 79 Kemerdekaan RI ini adalah kali pertama diadakan warga setempat.

Adapun alasan memilih menggelar upacara di Sawah karena belum memiliki area yang luas. Karena niatan warga ingin melaksanakan upacara,  maka lahan persawahan. Ini pertama kalinya digelar warga sini,” katanya usai upacara.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut