get app
inews
Aa Read Next : Emil Dardak Pimpinan Parpol Jatim Paling Populer

SSC Rilis Hasil Survei Parpol Favorit Emak-Emak, Tapi Banyak Yang Tidak Memilih

Rabu, 23 Februari 2022 | 21:26 WIB
header img
survei ssc

SURABAYA, iNews.id - Surabaya Survei Center (SSC) merilis hasil survei partai politik yang dinilai oleh emak-emak sebagai partai yang anti korupsi. 

Peneliti senior SSC Didik Sugeng Widiarto mengatakan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berada di posisi paling atas sebagai partai politik anti korupsi dengan perolehan 12,9 persen. “Sementara disusul, di tiga besar, ada PDIP dan Demokrat yang masing-masing 10,4 persen dan 6.9 persen”, jelasnya, Rabu (23/2/2022). 

Setelah ketiga partai di atas ada partai Gerindra yang menempati urutan keempat dengan 6,2 persen, kemudian PKB dengan 2,3 persen, Golkar dengan 2,1 persen, Nasdem dengan 2 persen. “Lainnya masih di bawah 2 persen, yakni PPP dengan 1,2 persen, Pan 1,1 persen, PSI 0,8 persen, Perindo dan Hanura dengan 0,7 persen, Partai Garuda dan PBB dengan 0,3 persen, serta Partai Berkarya 0,2 persen. Sementara PKPI dan Partai Ummat dengan 0,1 persen,” urai Didik.

Namun, meski PKS memperoleh hasil tertinggi sebagai partai paling anti korupsi, sebanyak 51.7 persen responden memilih tidak tahu atau tidak menjawab. “Ini berarti, seluruh partai politik termasuk yang ada di peringkat teratas perlu lebih memperbaiki komitmen mereka terhadap perlawanan pada korupsi,” ungkapnya.

Sebagai informasi, hasil survei yang dilakukan oleh SSC ini didapat dari survei yang dilakukan tanggal 1-10 Februari 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan emak-emak dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut