get app
inews
Aa Read Next : Pesantren Tebuireng Jombang Sembeli 27 Ekor Sapi Kurban untuk Masyarakat

Jemaah Ibadurrahman di Jombang Rayakan Idul Adha Lebih Cepat, Ini Alasannya

Minggu, 16 Juni 2024 | 12:40 WIB
header img
Jemaah Ibadurrahman di Jombang Rayakan Idul Adha Lebih Cepat. Foto iNewsMojokerto/zainul

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Jemaah Majlis Ta'lim Ibadurrahman di Jombang, Jawa Timur merayakan Iduladha 1445 Hijriah pada Minggu (16/6/2024), lebih cepat sehari dari waktu perayaan Iduladha yang ditetapkan oleh pemerintah.

Ratusan warga dari jemaah Majlis Ta'lim Ibadurrahman di Jombang tersebut melaksanakan salat idul adha di halaman masjid Syech Muhammad Abdullah Salim di jalan Basuki Rahmad Desa Jabon, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

Dengan iringan takbir dan tahmid, para pengikut jamaah ini menggelar salat ied dengan pimpin oleh salah satu pengurus majlis ta'lim setempat. dengan tampak khusyuk, mereka melaksanakan salat ied di area teras masjid milik dewan dakwah islamiyyah Indonesia Kabupaten Jombang tersebut.

"Alhamdulillah majelis taklim Ibadurrahman Jombang pada hari ini 16 Juni 2024 menyelenggarakan salat idul adha. Ada sekitar 200 san jemaah yang mengikutinya," kata Pengurus Majlis Ta'lim Ibadurrahman di Jombang, Akhmad Rizal ditemui usai salat Idul Adha.

Pemerintah menetapkan Iduladha (10 Zulhijah 1445 Hijriah) jatuh Senin, 17 Juni 2024. Jemaah Majlis Ta'lim Ibadurrahman di Jombang meyakini tanggal 10 Zulhijah 1445 Hijriah bertepatan dengan 16 Juni 2024 mengacu pada keputusan dari Amir Mekah yang mana idul adha itu selalu berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji. Para jemaah haji saat ini sudah melakukan wukuf di arofah.

"Jadi kami mengacunya mengikuti pendapat penentuan awal bulan Zulhijjah atau 10 Zulhijjah itu keputusan dari yang menyelenggarakan ibadah haji," kata Rizal yang juga menjadi katib. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut