get app
inews
Aa Read Next : Ular Berbobot 50 Kg Masuk Rumah Kosong di Jombang, Lihat Penampakannya

Kisah Petugas Damkar Jombang Taklukkan Ular Sanca Raksasa, Lima Petugas Turun Lakukan Evakuasi

Kamis, 30 Mei 2024 | 20:58 WIB
header img
Petugas Damkar Jombang Taklukkan Ular Sanca Raksasa. Foto iNewsMojokerto/zainul

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Pertarungan sengit seekor ular sanca besar dan personel Pemadam Kebakaran (Damkar) Jombang terjadi pada Kamis (30/5/2024) sore di belakang rumah warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto. 

Ular dengan panjang lima meter tersebut melihatkan kebolehannya melawan lima orang personel damkar yang berusaha untuk mengevakuasinya. Petugas sempat kewalahan menghadapi pemberontakan ular yang kerap diburu kulitnya tersebut.

"Ular memang sangat agresif dan terus menyerang petugas yang akan menangkapnya," kata salah satu petugas Damkar Jombang, Andri Prasetyo, Kamis (30/5/2024).

Berbagai alat dan sarana penangkap ular milik Damkar dikerahkan, namun tidak langsung berhasil menjerat. Sekitar 30 menit dengan kepiawaian mereka, ular itu berhasil ditangkap dan dievakuasi dari belakang rumah warga.

Peristiwa bermula, petugas Damkar mendapatkan laporan warga adanya ular berukuran besar yang berkeliaran di kampung mereka. Lima personel damkar khusus evakuasi ular langsung menuju ke lokasi. Pada saat itu, posisi ular berada di belakang rumah.

"Ularnya galak dan langsung menyerang. Kami menduga ular liar dan keluar dari persembunyian karena kelaparan," katanya.

Ia mengungkapkan, berdasarkan keterangan warga sekitar, kemunculan ular raksasa tersebut diduga dari sawah atas kebun belakang rumah warga yang banyak rumpun bambu. 

Setelah berhasil dijinakkan dengan menggunakan alat bantu besi jangkar, ular jenis Sanca kembang itu ditangkap lima petugas lalu dimasukkan ke dalam sebuah kotak yang sudah disiapkan. Ular kemudian dibawa ke kantor Damkar lalu diserahkan kepada BPBD Jombang untuk dilepasliarkan kembali. 

"Ular sanca kembang ini memilik panjang sekitar 5 meter dengan berat lebih dari 20 kilogram," pungkas Andri usai menangkap ular tersebut.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut