get app
inews
Aa Read Next : Dorong Industri Batik Berkembang di Kota Mojokerto, Ning Ita Tekankan Pentingnya Narasi dari motif

Pemkot Mojokerto Tingkatkan Tata Kelola Pemerintahan Lebih Baik

Rabu, 16 Februari 2022 | 19:09 WIB
header img
Wali Kota Mojokerto Ning Ita terus berusaha meningkatkan tata kelola pemerintahan yang partisipatoris

MOJOKERTO, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto terus berusaha meningkatkan tata kelola pemerintahan yang partisipatoris. Melalui Musrenbang, Masyarakat diminta untuk memberikan usulan terkait permasalahan ekonomi dan sosial budaya selain masalah pembangunan infrastruktur.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, usulan-usulan yang didapat dari masyarakat diminta mengarah pada masalah pemulihan ekonomi. 

"Jadi jangan fokus hanya pada infrastruktur, tapi ekonomi, sosbud ini juga harus kita beri anggaran yang seimbang," jelasnya saat memberikan arahan dalam Musrenbang Kecamatan Kranggan, Rabu (16/2/2022).

Menurutnya masalah pemulihan ekonomi dipilih karena sangat sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Pusat dalam menghadapi masa pandemi Covid-19. 

Di Kota Mojokerto, Pemkot, kata Ning Ita sapaan akrab Ika Puspitasari telah melakukan skema pemulihan ekonomi  melalui inovasi yang diberi nama inkubasi wirausaha. 

"Karena ini adalah skema pemulihan ekonomi yang kemarin telah mendapatkan apresiasi nasional sebagai bentuk bahwa Kota Mojokerto memiliki sebuah inovasi untuk membangkitkan kembali ekonomi ketika pandemi covid terjadi, dan hasilnya sangat signifikan. UKM kita lebih berdaya saing di saat kondisi sulit pandemi Covid," ungkapnya.

Selain masalah pemulihan ekonomi, untuk mewujudkan Kota Mojokerto sebagai Kota Pariwisata berbasis sejarah dan budaya, partisipasi masyarakat dalam pengembangan kebudayaan menjadi hal penting.

"Sosbud ini penting karena di dalam prioritas Wali Kota di dalam RPJMD itu ada mewujudkan Kota Mojokerto sebagai Kota Pariwisata berbasis sejarah dan budaya, maka ini penting ketika terwujud Mojokerto sebagai Kota Pariwisata," kata Ning Ita.

Dengan mengusulkan masalah kebudayaan, diharapkan masyarakat dapat ambil bagian dalam pengembangan pariwisata di Bumi Majapahit.

"Agar ketika terbentuk Kota Pariwisata, maka pemainnya adalah warga Kota sendiri, karena warga Kota memiliki potensi untuk berperan disini," tegasnya.

Hadir dalam Musrenbang Kecamatan Kranggan, Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto Sony Basuki Rahardjo, Kepala Bappedalitbang Kota Mojokerto Agoeng Moeljono, Kepala Dinas PUPR Kota Mojokerto Mashudi, Camat dan Lurah se Kecamatan Kranggan. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto Sony Basuki Rahardjo mengatakan, DPRD Kota Mojokerto akan mendukung langkah Pemkot dalam mewujudkan aspirasi masyarakat.

"Kami selaku anggota DPRD memberikan dukungan sepenuhnya atas terselenggaranya musrenbang ini sebagai momentum menampung aspirasi masyarakat dan terlihat harapan kita kedepan dapat dilakukan pembangunan secara merata dan pelayanan bisa lebih meningkat guna terwujudnya pemerintahan yang lebih baik," katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut