get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara PWI Dukung Peningkatan Investasi di Jombang

Antusiasme Tinggi! Peningkatan Pesat Pengisian Kendaraan Listrik Saat Mudik Lebaran di Jawa Timur

Rabu, 17 April 2024 | 09:48 WIB
header img
Peningkatan Pesat Pengisian Kendaraan Listrik Saat Mudik Lebaran di Jawa Timur. Foto iNewsMojokerto/lukman

SURABAYA, iNewsMojokerto.id - Musim mudik Lebaran 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur (Jatim) mencatat tren luar biasa, ada lonjakan signifikan dalam penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah tersebut. 

Dengan 126 unit SPKLU tersedia di 56 titik di seluruh Jatim, serta dengan kehadiran 176 personil siaga selama 24 jam, PLN telah melaporkan lebih dari 1.280 transaksi sejak awal April hingga 16 April 2024. 

Rata-rata, ini mencapai 85 transaksi per hari, meningkat hingga dua kali lipat dari hari-hari biasa yang hanya mencapai 40 transaksi.

General Manager PLN UID Jatim, Agus Kuswardoyo, mengungkapkan bahwa tingginya jumlah pengguna kendaraan listrik telah mendorong konsumsi daya SPKLU PLN hingga mencapai 24.975 kWh selama periode tersebut. 

Dia menambahkan bahwa ketersediaan SPKLU PLN di rest area dan tempat-tempat strategis dari Sumatera hingga Bali telah memberikan dorongan positif bagi pengguna kendaraan listrik, yang semakin banyak dipilih oleh pemudik.

"Masyarakat semakin merasa tenang dan nyaman menggunakan kendaraan listrik," ujar Agus, Rabu (17/4/2024).

Dia juga mencatat bahwa meskipun mobil pribadi tetap menjadi pilihan utama untuk mudik Lebaran, mobil listrik juga semakin diminati. Bahkan, Kementerian Perhubungan memproyeksikan partisipasi sebanyak 4.000 kendaraan listrik dalam mudik Lebaran 2024.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut