Logo Network
Network

Bertahun-tahun Rumah dan Tanah Amblas Tergerus Sungai, Warga Demo Kantor DPRD Jombang

Zainul Arifin
.
Kamis, 28 Maret 2024 | 13:39 WIB
Bertahun-tahun Rumah dan Tanah Amblas Tergerus Sungai, Warga Demo Kantor DPRD Jombang
Demo warga di depan kantor DPRD Jombang. Foto iNewsMojokerto/Zainul arifin

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Kantor DPRD Kabupaten Jombang didatangi sejumlah warga Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung yang meminta solusi amblasnya tanah dan bangunan mereka akibat tergerus arus sungai. Demo tersebut diketahui berlangsung pada hari ini, Kamis (28/3/2024) siang.

Warga demontrasi bersama lembaga Swadaya masyaraka FRMJ. Mereka membawa spanduk yang ada foto-foto kondisi rumah mereka serta bertulikan "rumah kami sudah banyak yang longsor hanyut, kapan ditindaklanjuti pak? Desa Kademangan".

Selain spanduk, warga juga membawa pengeras suara dan juga tikar serta bantal yang dipakai alas duduk dan tidur yang menggambarkan kondisi mereka tengah mengungsi. 

"Pak tolong ya, untuk tanah saya itu tergerus sungai, tanah hilang kurang lebih lima meter lah, dari 7 meter hilang kurang 5 meter," kata salah satu warga yang ikut aksi demontrasi dalam orasinya di depan gedung DPRD Jombang

Sementara itu, Koordinator aksi, Joko Fattah Rochim dalam orasinya menyampaikan selama ini warga desa Kademangan khususnya dusus Kebondalem selalu dihantui bencana, mulai banjir hingga rumah terancam hanyut terbawa arus sungai. Kondisi itu sudah terjadi selama bertahun-tahun. 

"Ibu ini bawa sertifikat, tetapi tanahnya sudah hilang tergerus. Ini kasihan kalau melihat mojoagung parah. Saya tegaskan ini bukan bencana alam, karena kondisi ini sudah bertahun tahun tetapi tidak solusi. Bahkan, wakil rakyat saja takak ada yang menjenguk, ke lokasi," kata Fatah. 

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.