get app
inews
Aa Read Next : Lima Perusahaan di Jombang Terima Penghargaan PWI di Malam Resepsi HPN 2024, Ini Daftarnya

Peziarah Makam Gus Dur Meningkat Jelang Ramadan, Jumlahnya Capai 11 Ribu Orang Per Hari

Minggu, 10 Maret 2024 | 15:10 WIB
header img
Makam Gus Dur sering diziarahi masyarakat. Foto iNewsMojokerto/Zainul arifin

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Menyambut Ramadan 1445 Hijriah, warga yang berziarah ke makam Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di kompleks pemakaman Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, meningkat signifikan.

Hal itu memang kerap terjadi setiap kali hendak memasuki bulan suci Ramadan. Sejak dua pekan terakhir,  belasan ribu peziarah datang ke wisata religi makam tokoh nasional tersebut. 

Mundir Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, H Lukman Hakim dikonfirmasi INews.id, Minggu (10/3/2024) mengatakan sejak memasuki bulan Sya’ban hingga menjelang Bulan Ramadan, jumlah peziarah terus terjadi peningkatan. 

"Wah luar biasa yang berziarah tiga minggu jelang Ramadan ini, sampai 11.000 orang peziarah. Kalau hari biasa ya sekitar 6.000 peziarah," kata Lukman Hakim. 

Menurut Lukman, peziarah yang datang menjelang Ramadan 1445 Hijriah tahun 2023 ini dari berbagai daerah di Indonesia. Selain dari Jawa Timur, juga ada dari luar pulau Jawa.

"Alhamdulillah kami bersyukur banyak warga yang berziarah ke makam ulama di Pesantren Tebuireng. Makam terbuka untuk umum selama Ramadan ini," imbuh Lukman. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut