get app
inews
Aa Read Next : Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Empat Desa di Jombang Boyong Piala

PKB Juara Pemilu 2024 di Jombang, Sayang Gagal Penuhi Target Kursi DPRD, Demokrat Bersyukur

Rabu, 06 Maret 2024 | 11:07 WIB
header img
Pengurus dan kader PKB saat daftar peserta pemilu 2024 di KPU Jombang. Foto iNewsMojoketto/Dok.

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) diprediksi menjadi juara pemilu 2024 di Jombang dengan perolehan 12 kursi legislatif. Pun demikian, perolehan itu tidak sesuai target awal, yakni 17 kursi.

"Ya, tidak sesuai target, tetapi prediksi memperoleh 12 kursi itu sudah sangat bagus. Perolehan suara juga naik sekitar 20 persen," kata sekretaris DPC PKB Jombang, Anas Burhani dikonfirmasi, Selasa (5/3/2024).

Pada pemilu 2019 lalu, disebut Anas, PKB dapat 145 ribu suara, dan sekarang perkiraan mendapat 180 ribu suara.

Melejitnya perolehan suara partai berlambang bola dunia itu, menurut Anas tidak lepas dari kerja keras para relawan, jajaran pengurus PKB mulai tingkat cabang hingga ranting, serta para calon legislatif.

"Semua kerja keras untuk mendapatkan suara sebanyak-banyaknya pada pemilu tahun ini, dan alhamdulillah hasil suaranya maksimal," ujar Caleg Dapil 6 yang diprediksi lolos ke gedung dewan ini.

Jika PKB gagal penuhi target, sebaliknya Partai Demokrat bersyukur. Partai yang digawangi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini diprediksi mendapat 6 kursi DPRD Jombang. Perolehan tersebut naik dari pemilu lima tahun lalu.

"Alhamdulillah, InsyaAllah Demokrat dapat 6 kursi, sebelumnya hanya 5 kursi," ucap Ketua DPC Demokrat Jombang, Syarif Hidayatulloh dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (5/3/2024).

Pria yang akrab dipanggil Gus Sentot itu menyebut, satu kursi baru diperoleh caleg M Zahrul Jihat atau Gus Heri dari dapil 1 (daerah pemilihan 1).

"Jadi dari 6 dapil di Jombang, masing-masing dapat 1 kursi. InsyaAllah Demokrat masuk pimpinan DPRD Jombang," kata pengasuh asrama Sulaiman Bilqis, Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang ini.

Dia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memcoblos caleg maupun Partai Demokrat pada pemilu 14 Februari 2024. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi lebih baik lagi

"Terima kasih juga atas perjuangan teman-teman caleg, seluruh pengurus dan kader partai Demokrat, serta relawan. Mari kita jalankan amanah masyarakat ini dengan baik," ujarnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut