get app
inews
Aa Read Next : Bhayangkara Fun 7,8 K Run Sukses Digelar, 2.500 Peserta Ramaikan Trawas

Operasi Keselamatan Semeru 2024, Polres Mojokerto Sasar Pengendara Milenial

Minggu, 03 Maret 2024 | 12:19 WIB
header img
Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro bersama Forkopimda menyalami petugas seusai apel pasukan operasi keselamatan semeru, Sabtu (2/3/2024). (Sholahudin).

MOJOKERTO - Pengendara milenial menjadi sasaran Polres Mojokerto Kota dalam Operasi Keselamatan Semeru 2024. Fokus milenial ini dilakukan karena angka kecelakaan se Jawa Timur pada tahun 2023 didominasi kaum milineal hingga 90 persen. 

Pernyataan itu disampaikan Kappolres Mojokerto AKBP Danel S Marunduri saat apel pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2024 di Mojokerto, Sabtu (2/3/2024). Apel ini dipimpin langsung PJ Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro, dengan Kasdim 0815/Mojokerto Mayor Arh G.N Putu Ardana.

Daniel memaparkan, dalam kurun waktu tahun 2023 pelanggaran lalu lintas di Jatim mengalami peningkatan signifikan mencapai 13,8 persen dibanding tahun 2022. Rinciannya, 14.292 pelanggaran tak menggunakan helm, 719 pelanggaran melawan arus. 

"Angka tersebut cukup tinggi jika dilihat berdasarkan kurun waktu yang masih cukup singkat," ujar Daniel. 

Sedangkan menurut WHO, lanjut Daniel, sekitar 1,35 juta orang meninggal setiap tahun dikarenakan kecelakaan dalam berlalu lintas. Mulai dari jutaan orang yang terluka parah dan hidup dengan konsekuensi kesehatan jangka panjang yang sangat merugikan.

Mirisnya, 90 persen kecelakaan di jalan raya yang ada di Jatim melibatkan kaum milineal. Ini berdasarkan data dari Ditlantas dan Dishub Provinsi Jatim yang menyatakan dominasi korban kecelakaan paling banyak dialami usia milineal atau kelompok pelajar, mahasiswa, dan pekerja muda.

"Jika dibiarkan begitu saja, kecelakaan lalu lintas bisa menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi tahun 2030," ucap lulusan Akpol 2004 ini.

Untuk itu, kepolisian mengambil langkah masif dan serius dengan melakukan edukasi ke masyarakat khususnya kaum milineal. Agar lebih tertib berlalulintas, sehingga keamanan dan keselamatan masyarakat dalam berlalu lintas bisa terwujud. 

Dan melaksanakan Ops Keselamatan Semeru 2024 selama 14 hari. Dimulai sejak 4 Maret hingga 17 Maret 2024 dengan melibatkan berbagai unsur. Mulai dari jajaran kepolisian Polres Mojokerto Kota dan didukung instansi terkait. Seperti, TNI, Satpol, Dishub, PMI dan sejumlah relawan. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut