get app
inews
Aa Read Next : Pendaki Gunung di Mojokerto Mending Fokus Puasa Saja, Ini Sebabnya

Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Deras Seminggu Kedepan, Jatim Bagaimana?

Sabtu, 02 Maret 2024 | 20:13 WIB
header img
BMKG memprakirakan potensi curah hujan deras terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia seminggu kedepan. (ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Selama sepekan kedepan, sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat. Hal itu diungkapkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat di 34 wilayah Indonesia per 4-8 Maret 2024.

BMKG menyebut kondisi cuaca ekstrem berupa hujan lebat tersebut dipicu adanya aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini memasuki fase 3 (Samudra Hindia bagian timur). Hal itu menyebabkan hujan deras akan memasuki wilayah Indonesia mulai dari barat bergerak ke timur. 

“Adanya aktivitas gelombang Rossby Ekuatorial di sebagian wilayah Indonesia serta terbentuknya pola perlambatan, pertemuan, dan belokan angin yang terbentuk di sebagian wilayah Indonesia,” ungkap Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (2/3/2024).

Guswanto pun mengatakan BMKG akan terus memantau kondisi cuaca dan perubahannya berdasarkan data dan analisas terkini selama 24 jam selama sepekan. Ia juga meminta Masyarakat diimbau waspada.  

“Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan melakukan langkah-langkah antisipatif terhadap peningkatan curah hujan yang berpotensi terjadi dalam seminggu kedepan," katanya. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut