get app
inews
Aa Read Next : Upaya Perampasan Kursi Ketua DPR RI Dimulai, Politisi PDI Perjuangan Buka Suara, Begini Caranya

Laba Pegadaian Capai Rp4,38 Triliun Tahun 2023, Ini Strateginya

Rabu, 21 Februari 2024 | 08:48 WIB
header img
Laba Pegadaian terus meningkat Capai Rp4,38 Triliun Tahun 2023. Foto iNewsMojokerto/ist

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - PT Pegadaian menorehkan prestasi gemilang dengan mencatat laba bersih sebesar Rp 4,38 Triliun, menandai lonjakan signifikan sebesar 32,7% dari tahun sebelumnya. Prestasi cemerlang ini menjadi sorotan utama dalam laporan kinerja perusahaan.

Pencapaian tersebut didukung oleh pertumbuhan yang luar biasa dalam Outstanding Loan (OSL), yang mencapai level tertinggi dalam 3 tahun terakhir, melesat 14,4% dari Rp 59,1 Triliun menjadi Rp 67,6 Triliun. Sementara aset perusahaan juga mengalami lonjakan sebesar 12,6% menjadi Rp 82,6 Triliun, menandakan kestabilan dan pertumbuhan yang konsisten.

Tidak hanya itu, kualitas pembiayaan Pegadaian juga semakin kokoh dengan penurunan Non-Performing Loan (NPL) yang signifikan dari 1,2% di tahun 2022 menjadi 0,85% di tahun 2023. Hal ini menunjukkan komitmen perusahaan terhadap manajemen risiko yang efektif.

Dalam konferensi pers yang diadakan di Minitheatre Pegadaian, Jakarta, Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan, menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat atas dukungan dan kepercayaan mereka terhadap perusahaan. "Alhamdulillah, jumlah nasabah Pegadaian meningkat sebesar 9,7% menjadi 24 juta orang, merupakan bukti nyata kepercayaan mereka terhadap produk dan layanan kami," ucapnya dengan penuh rasa syukur.

Dengan pencapaian ini, Pegadaian juga berhasil meningkatkan Return on Asset (ROA) sebesar 5,6% dan Return on Equity (ROE) sebesar 14,33%, sementara rasio Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) mencapai level terendah dalam beberapa tahun terakhir, yaitu 66,10% pada tahun 2023. Prestasi ini tidak hanya mengukuhkan posisi Pegadaian sebagai pemimpin industri, tetapi juga menegaskan komitmen mereka terhadap pertumbuhan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat.

Memasuki tahun 2024, Pegadaian berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan menghasilkan kinerja terbaik dengan melebarkan sayapnya dalam mengembangkan ekosistem emas. Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya minat masyarakat untuk berinvestasi emas. 

"Pegadaian punya ragam produk investasi emas yang dapat dimiliki dengan berbagai cara. Bisa lewat Cicil Emas, Arisan Emas, beli perhiasan melalui Galeri 24, atau menabung emas dengan produk Tabungan Emas yang bisa di akses langsung melalui aplikasi Pegadaian Digital. Selain itu, kalau dulu orang-orang datang ke Pegadaian bawa emas, Sekarang sudah ada Gadai Express dan Gadai dari Rumah. Semua kita buat mudah agar masyarakat bisa merancang masa depan juga dengan mudah," tambah Damar.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut