get app
inews
Aa Read Next : Dear Bulan, Siap-siap Kedatangan Tamu Dari China Beberapa Tahun Lagi

Ini Cara Komunikasi Astronot Dengan Bumi

Jum'at, 24 Februari 2023 | 19:48 WIB
header img
Cara komunikasi astronot saat berada di luar angkasa. (Foto: ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Cara astronot berkomunikasi ke bumi dari luar angkasa menarik diulas. Pasalnya, ternyata cara berkomunikasi astronot di angkasa cukup berbeda dengan saat berada di bumi. 

Dikutip dari halaman NASA, ternyata cara komunikasi astronot di luar angkasa dilakukan dengan cara pertukaran data atau sinyal melalui Program Space Communications and Navigation (SCan). Program memungkinkan komunikasi astronot di International Space Station (ISS), penjelajah Mars, atau misi Artemis ke Bulan.

Komunikasi luar angkasa bergantung pada dua hal yakni pemancar dan penerima. Pemancar mengkodekan pesan ke gelombang elektromagnetik lewat modulasi, yang mengubah sifat gelombang untuk mempunyai data. 

Gelombang tersebut mengalir lewat ruang menuju penerima.  Penerima mengumpulkan gelombang elektromagnetik dan mendemodulasinya, mendekode pesan pengirim. 

Intinya, komunikasi luar angkasa menyerupai komunikasi nirkabel di rumah. Berkomunikasi dari luar angkasa melibatkan lebih dari sekadar mengarahkan antena pesawat ke Bumi. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut