get app
inews
Aa Read Next : Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 61 Dibuka, Ini Syarat untuk Mendaftar

Penting Sebelum Daftar Prakerja 2023, Baca Dulu Jenis Pelatihan yang Cocok di Sini

Minggu, 29 Januari 2023 | 11:46 WIB
header img
Keterangan laman situs Prakerja 2023 dibuka Januari. (sumber: Prakerja)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Program Kartu Prakerja 2023 diberitakan akan dibuka pada kuartal I tahun 2023. Berdasarkan informasi pada situs Prakerja, pendaftaran akan dibuka kembali pada Januari 2023.

Program Kartu Prakerja menawarkan banyak pelatihan yang sangat bermanfaat di dunia kerja. Jumlah jenis pelatihan yang disediakan mencapai pun puluhan. 

Pendaftar yang kurang persiapan mungkin bingung menentukan pilihan pelatihan mana yang cocok. Alih-alih dana Prakerja bisa terbuang dengan mengikuti pelatihan yang kurang tepat.

Dapat dikatakan, semua pelatihan yang disediakan adalah pelatihan yang bagus. Namun, tidak semua cocok untuk orang tertentu.

Ini Syarat Daftar Kartu Prakerja 2023, Dapat 4,2 Juta Per Orang

Ragam pelatihan tersedia mulai dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha. Berikut ini Tim iNews merangkum beberapa jenis pelatihan unggulan yang banyak diminati dan mungkin sesuai dengan kebutuhan calon pendaftar Kartu Prakerja 2023.

1. Pelatihan dalam bidang e-commerce

Pelatihan ini cocok untuk pendaftar yang ingin mencoba usaha berjualan secara online. Tersedia pelatihan mulai dari pengenalan yang sifatnya dasar hingga kompleks.

Misalnya pelatihan memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook atau Instagram untuk mendukung usaha dagang. Peserta pelatihan akan mendapat penjelasan terperinci mengenai cara menggunakan dan mengoptimalkan fungsi platform daring untuk berdagang.

Ada pula pelatihan mengenai cara meningkatkan penjualan melalui media promosi dan iklan media sosial. Bagaimana cara menaikkan traffic produk dan menarik pengunjung berdasarkan minat kebutuhan.

2. Pelatihan skill fotografi

Tidak hanya dalam keperluan dagang, ada juga pelatihan skill fotografi. Selayaknya pelatihan fotografi yang mungkin telah diketahui, dalam pelatihan ini dikenalkan pula hal yang bersifat teknis di dunia fotografi.

Peserta bisa memanfaatkan pelatihan ini jika ingin berkarier di dunia fotografi. Misalnya, sebagai fotografer media, fotografer momen atau kegiatan, juga fotografer produk.

Dengan kata lain, pendaftar bisa juga memanfaatkan jenis pelatihan ini untuk mendukung usaha yang sudah dimiliki. Misalnya, pedagang makanan belajar skill fotografi produk untuk mahir mengambil gambar produk yang dijualnya.

3. Pelatihan aplikasi komputer

Pelatihan jenis aplikasi komputer ini ada beragam. Mulai dari kemampuan dasar seperti pelatihan skill akuntansi dengan Excel hingga editing media.

Ada pula pelatihan pengelolaan teknologi komputer terkait start up. Pada beberapa tahun belakangan, jenis usaha start up populer di masyarakat.

Ragamnya juga bisa disesuaikan dengan jenis usaha atau bidang kerja yang dibutuhkan. Misalnya, penggunaan aplikasi komputer untuk copy writing bisa mengambil pelatihan khusus mengenai hal itu.

4. Pelatihan keterampilan bidang kesehatan dan kecantikan

Keterampilan unik dan dibutuhkan yang juga bisa diikuti melalui program Prakerja adalah keterampilan perawatan kecantikan dan menjadi pelatih kebugaran.

Kemampuan ini bisa memberikan  peluang usaha besar bagi peserta yang tertarik membuka usaha bisnis kecantikan dan perawatan tubuh. Misalnya, pelatihan toto, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial dan lain-lain.

Pada tahun sebelumnya, jenis pelatihan ini tampaksepi peminat. Anda yang tertarik untuk mengikuti ini bisa memantau laman Prakerja untuk melihat apakah pelatihan jenis ini tersedia.

5. Pelatihan bidang perkantoran

Salah satu yang juga banyak dibutuhkan di dunia kerja adalah tenaga perkantoran. Jenis pelatihan yang ditawarkan pun beragam.

Misalnya skill sekretaris, akuntan,dan administrasai. Ada pelatihan khusus mengenai teknik komunikasi yang baik untuk mereka yang tertarik bekerja sebagai sekretaris atau bidang relasi publik lainnya.

Ada pula pelatihan mengenai pengelolaan data perpajakan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Peserta bisa belajar mengenai seluk-beluk sistem pengelolaan keuangan dan perpajakan perusahaan.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut