Logo itu juga merupakan rebranding Timnas Italia, yang berganti apparel dari Puma menuju Adidas. Logo itu masih mencantumkan empat bintang, sebagai simbol empat buah gelar Piala Dunia yang sudah diraih Timnas Italia, yakni edisi 1934, 1938, 1982 dan 2006.
Warna bendera Italia di logo itu dibuat menyerupai gelar Liga Italia alias scudetto. Rebranding itu diharapkan mampu membantu Timnas Italia melupakan realita-realita kelam di tahun sebelumnya, termasuk gagal lolos ke Piala Dunia 2022.
Logo itu akan terpampang di jersey Timnas Italia di sejumlah agenda di tahun 2023. Tahun ini, Marco Verratti dan kolega akan melakoni babak gugur UEFA Nations 2022-2023, serta Kualifikasi Piala Eropa 2024.
Selain logo, FIGC juga merilis lagu resmi Timnas Italia. Lagu berjudul “Azzurri” diciptakan oleh musisi Italia bernama Enrico Giaretta dan Maurizio D’Aniello.
Timnas Italia juga memiliki slogan baru di tahun 2023 ini. Yakni ‘Creato Dalle Emozioni’ yang berarti ‘Tercipta Oleh Perasaan’.
Editor : Trisna Eka Adhitya