get app
inews
Aa Read Next : Longsor Hantui Tujuh Rumah di Desa Ngembeh

Mau Berwisata di Tahun Baru, Baca Anjuran BNPB Berikut Ini

Selasa, 27 Desember 2022 | 09:18 WIB
header img
BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada sepekan ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi. (ilustrasi/Ant).

JAKARTA, iNewsMojokerto.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan imbauan untuk terus waspada bagi masyarakat yang ingin berwisata pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023. Ada Daerah-daerah yang perlu diwaspadai wisatawan agar dapat berwisata dengan aman dan nyaman. 

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengungkapkan, kawasan sungai, air terjun, dan pantai perlu mendapat perhatian khusus bagi masyarakat yang sedang berwisata, apalagi jika di lokasi wisata sedang terjadi hujan lebat. 

"Kalau terjadi hujan lebih dari 2 jam visibility (pandangan,red.) kita kurang, maka segera dulu naik ke tempat yang lebih aman. Tunggu sampai hujan reda 1-2 jam, lihat apabila tidak terjadi peningkatan debit signifikan baru kita kembali lagi," katanya dalam acara daring Disaster Briefing.

Selain itu, cuaca buruk yang melanda sebagian wilayah Indonesia membuat BMKG mengeluarkan rekomendasi untuk selalu berhati-hati jika masyarakat ingin berwisata ke pantai. Pasalnya, gelombang pasang berpotensi menimbulkan bencana bagi wisatawan. 

"Karena biasanya membawa gelombang pasang. Itu benar-benar ter-'update' di lokasi di mana kita sedang berwisata," ujar dia.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut