get app
inews
Aa Read Next : Dear Bulan, Siap-siap Kedatangan Tamu Dari China Beberapa Tahun Lagi

Gegara Panda, Taiwan dan China Bersatu

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 19:59 WIB
header img
Tuan Tuan dan Yuan Yuan saat baru dihadiahkan China ke Taiwan (Foto: Reuters)

TAIPEI, iNewsMojokerto.id - Seekor panda berhasil mempersatukan Taiwan dan China. Ketegangan yang terjadi di dua negara itu ternyata mampu dipersatukan akibat adanya panda yang sekarat di Kebun binatang Taipei.

Hewan lucu bernama Tuan Tuan itu sedikit mencairkan hubungan kedua pihak yang telah memburuk sejak 2016 lalu setelah China memutuskan komunikasi resmi dan kunjungan pejabat pemerintah. Demi menyelamatkan panda itu, Taiwan pun mengundang dokter hewan China untuk membantu Tuan Tuan yang sakit parah. 

Panda jantan yang dihadiahkan China untuk Taiwan pada 2008 itu kini dipindah ke fasilitas perawatan intensif karena kondisinya sudah sangat buruk. Kebun Binatang Taipei menyatakan dokter hewan China akan tinggal selama 7 hari untuk memantau Tuan Tuan, namun tak akan memeriksanya.

Dokter hewan pertama kali mengetahui panda 18 tahun itu sakit pada Agustus. Saat itu Tuan Tuan mengalami kejang-kejang, sempoyongan, dan lesu. Berdasarkan hasil pemeriksaan, Tuan Tuan kemungkinan menderita tumor otak.

“Tujuan utamanya adalah mengunjungi Tuan Tuan dan melihat kondisinya. Mereka menyatakan keinginan untuk datang melihat Tuan Tuan,” kata Eve Wang, kepala bagian satwa Kebun Binatang Taipei, dikutip dari AFP, Jumat (28/10/2022).

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut