get app
inews
Aa Read Next : Ada Tetesan Air Mata Raja Charles III di Pemakaman Ratu Elizabeth II

Menjelang Hari Pemakaman Ratu Elizabeth, Raja Charles Sampaikan Terima Kasih

Senin, 19 September 2022 | 10:39 WIB
header img
Tumpukan ucapan duka kepada mendiang Ratu Elizabeth di Buckingkam Palace. (Foto: Buckingham Palace)

LONDON, iNewsMojokerto.id - Hari utama pemakaman Ratu Elizabeth digelar pada Senin (19/9/2022) waktu setempat. Menjelang hari itu rakyat Inggris antre untuk sampaikan penghormatan terkahir bagi Sang Ratu.

Raja Charles pun ungkap rasa terima kasihnya menjelang hari pemakaman sang ibu. Ia menyampaikan ungkapan haru kepada seluruh rakyat Inggris dan seluruh dunia atas pesan simpati mereka kepada mendiang Ratu Elizabeth II.

Selama sepuluh hari rangkaian pemakaman Ratu Elizabeth digelar. Tidak hanya melibatkan keluarga kerajaan, rakyat Inggris dan dunia pun diberi kesempatan memberi penghormatan terakhirnya di Istana Buckingham.

"Selama 10 hari terakhir, saya dan istri saya sangat tersentuh oleh banyak pesan belasungkawa dan dukungan yang kami terima dari negara ini dan di seluruh dunia," kata Charles dalam sebuah pernyataan pada Minggu (18/9/2022). 

Pasalnya, dalam sesi penghormatan terakhir ini memang tampak antusias rakyat Inggris untuk datang bertemu dengan sang Ratu terakhir kalinya. Media pun sempat menyebut beberapa nama besar yang ikut antre dan menunggu berjam-jam untuk dapat menemui jasad Sang Ratu. 

"Di London, Edinburgh, Hillsborough, dan Cardiff, kami sangat tersentuh oleh semua orang yang bersusah payah untuk datang dan memberikan penghormatan mereka atas jasa seumur hidup ibuku tersayang, mendiang ratu," tambah Raja Charles.

Prosesi pemakaman kenegaraan untuk Ratu Elizabeth diadakan di Westminster Abbey, London pada Senin (19/9/2022). Setelah kebaktian di Westminster Abbey, peti mati ratu yang menjabat sebagai monarki terpanjang itu akan dibawa ke Windsor. 

Ratu Elizabeth akan dimakamkan bersama suaminya, Pangeran Philip yang meninggal pada 2021 lalu. Setelah itu, masa berkabung bagi keluarga kerajaan masih akan berlangsung selama 7 hari ke depan.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut