get app
inews
Aa Read Next : Kisah Samudramantana di Candi Kesiman Tengah, Mengaduk Lautan Susu Demi Air Abadi

Apa Itu Cerita Panji? Kisah Asli Indonesia yang Populer di Zaman Majapahit

Senin, 19 September 2022 | 10:36 WIB
header img
Cerita Panji terpahat di candi peninggalan Majapahit, Candi Surawana. (Foto: Kedirikab.go.id)

MOJOKERTO, iNewsMojokerto.id - Relief peninggalan Majapahit dikenal mengisahkan sebuah narasi khas tentang "cerita Panji". Bagi masyarakat Jawa Timur sendiri, kisah-kisah ini melekat sebagai bagian dari tradisi lisan.

Mengenai apa itu cerita Panji berkaitan dengan tokoh utama dalam kisah yang populer di masa Majapahit ini. Meski demikian, para ahli juga mengungkap bahwa besar kemungkinan cerita-cerita ini berasa jauh sebelum masa Majapahit.

Popularitas cerita Panji di masa Majapahit sangat tampak pada hiasan pada relief-relief peninggalan Majapahit. Dari sinilah penelusuran apa itu cerita Panji dimulai. 

Pernahkah para pembaca mengetahui kisah Ande-ande Lumut, Keong Mas, atau Cinde Laras? Kisah ini adalah dongeng yang populer khususnya di kalangan masyarakat Jawa Timur.

Kisah-kisah tersebut adalah bagian dari cerita Panji. Kata Panji merujuk pada nama tokoh utama kisah yaitu Raden Panji Asmorobangun. 

Raden Panji Asmorobangun sendiri muncul berkali-kali dengan banyak nama.  Raden Panji inilah yang dikenal sebagai Raden Inu Kertapati,  Kuda Wanengpati, hingga si Ande-ande Lumut. 

Secara keseluruhan, cerita Panji adalah kisah panjang dengan banyak bagian kisah pendek mengenai perjalanan atau pengembaraan Raden Panji. Di dalam kisah ini Raden Panji berpasangan dengan seorang putri bernama Dewi Sekartaji.

Sang dewi juga muncul dengan nama berganti-ganti sesuai bagian kisah. Salah satunya bahkan ia dikenal dengan nama Panji Semirang. Itu terjadi kala ia sedang dalam penyamaran sebagai seorang laki-laki.

Kisah Panji menurut arkeolog Agus Munandar, yang juga menulis buku mengenai sejarah Kerajaan Majapahit, disebut sebagai kisah nasional Majapahit. Alasannya, sejauh ini, hanyalah candi Majapahit yang memuat ukiran relief kisah Raden Panji.

Sebagaimana diketahui, umumnya candi peninggalan di Indonesia dihias dengan ragam cerita Ramayana dan Mahabharata. Sementara itu, candi Majapahit tampil berbeda dengan ukiran kisah Panji.

Tampaknya, pada masa Majapahit, kisah Panji tersebar secara masif di kalangan masyarakat. Penyebaran ini terjadi secara lisan hingga ke wilayah-wilayah jauh seperti Sulawesi, Thailand, hingga Kamboja.  

Sementara itu, penggubahan cerita Panji dalam bentuk tertulis tampaknya baru terjadi setelah masa Majapahit. Saat ini, koleksi naskah cerita Panji tertua yang dimiliki Indonesia berasal dari Palembang dengan judul naskah Panji Angreni (1795 M).

Selain itu, naskah lain yang menjadi koleksi British Library ada yang berangka tahun 1785 M. Naskah-naskah Panji juga banyak yang disimpan di Universitas Leiden.

Beruntung bahwa cerita Panji telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 2017. Kisah asli Indonesia ini kini telah mendapat pengakuan sebagai warisan ingatan budaya seluruh dunia.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut