get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses, Koko Apung Pengusaha Kuliner di LA Sukses yang Hanya Lulusan SD

Kisah Sukses Imigran Asal Nigeria Berharta Rp20,7 triliun

Senin, 29 Agustus 2022 | 09:13 WIB
header img
Tope Awotona imirgran yang sukses jadi pengusaha berharta Rp20,7 triliun. Foto: IG Calendly

NEW YORK, iNewsMojokerto.id - Kisah sukses Tope Awotona dengan segala inovasinya sangat layak ditiru. Mengawali hidupnya sebagai seorang imigran, Tope Awotona menjadi salah satu imigran terkaya di Amerika Serikat (AS). 

Menurut Forbes, kekayaan bersih Tope Awotona mencapai 1,4 miliar dolar AS atau setara Rp20,7 triliun. Kekayaannya diperoleh dari usahanya sebagai pendiri dan kepala eksekutif Calendly, sebuah platform penjadwalan untuk merampingkan work life, janji temu, dan rapat. 

Awotona lahir di Lagos, Nigeria, dalam keluarga kelas menengah. Ayahnya adalah seorang ahli mikrobiologi dan pengusaha, sedangkan ibunya bekerja di bank sentral. 

Ketika Awotona berusia 12 tahun, dia menyaksikan ayahnya tertembak dan terbunuh dalam pembajakan mobil.  

“Ada bagian dari diri saya, sejak usia sangat dini, yang ingin menebusnya,” ujarnya.

Pada 1996, ketika dia berusia 15 tahun, dia pindah bersama keluarganya ke Atlanta. Dia belajar ilmu komputer di University of Georgia, kemudian beralih ke informasi bisnis dan manajemen.  

"Saya suka coding, tapi itu terlalu monoton. Saya mungkin terlalu ekstrovert untuk menjadi seorang pembuat kode," ucapnya. 

Melalui platformnya yang booming di Silicon Valley, Pengusaha asal Nigeria berusia 40 tahun itu telah bernilai 3 miliar dolar AS sejak memulainya sembilan tahun lalu. Diawali dari berhenti dari pekerjaannya menjual perangkat lunak untuk EMC, ia menggunakan tabungannya sebesar 200.000 dolar AS untuk membuat platform itu. 

Perusahaan, yang didirikan di Atlanta tetapi tidak lagi memiliki kantor fisik itu telah menguntungkan sejak 2016. Hingga kini perusahaan tersebut memiliki 10 juta pengguna. 

Tahun lalu, pendapatannya naik menjadi lebih dari 100 juta dolar AS, naik dua kali lipat dari pembukuan tahun sebelumnya. Tahun ini diperkirakan bisa dua kali lipat lagi. 

Tahun lalu, mengumpulkan 350 juta dolar AS dalam pendanaan dari OpenView Venture Partners dan Iconiq Capital senilai 3 miliar dolar AS. Itu berarti saham mayoritas Awotona bernilai setidaknya 1,4 miliar dolar AS, setelah diskon 10 persen yang diterapkan Forbes untuk saham semua perusahaan swasta. 

Awotona adalah salah satu dari dua miliarder teknologi kulit hitam di Amerika Serikat, bersama dengan David Steward, pendiri perusahaan penyedia TI yang berbasis di Missouri, World Wide Technology.  

“Tope bisa menjadi pengusaha teknologi Afrika-Amerika paling sukses di generasinya,” kata David Cummings, pendiri Atlanta Ventures, yang memimpin investasi awal 550.000 dolar AS di Calendly tujuh tahun lalu, dikutip dari Forbes.

Meski mendapat saingan dari Square, Microsoft, dan Doodle yang berbasis di Zurich, Calendly mampu bersaing. Dengan desain yang ramping dan ramah konsumen serta model premium mampu menggaet pelanggan untuk membayar tanpa pemasaran. 

Setelah sukses dengan Calendly, Awotona juga menciptakan alat untuk membantu perekrut, tenaga penjualan, dan pekerja kantoran lainnya untuk mengelola rapat sebelum dan sesudah diadakan. Awotona melihat potensi ini sebagai kunci untuk membuat koneksi ke segala sesuatu yang terjadi di suatu organisasi. 

Dia juga pernah mendirikan beberapa bisnis sampingan, seperti situs kencan, perusahaan yang menjual proyektor, dan perusahaan lain yang menjual peralatan berkebun. Namun ketiganya gagal. 

Idenya untuk Calendly berbeda karena dipicu oleh rasa frustrasinya sendiri sebagai seorang salesman yang mengatur pertemuan, tugas yang terkadang membutuhkan lusinan email dan penundaan berhari-hari.  Pada 2013, dia meluncurkan Calendly dari Atlanta Tech Village, sebuah ruang kerja bersama bagi para pengusaha. 

Dia menggunakan tabungannya.  Untuk bantuan pemrograman, dia mengontrak perusahaan Ukraina Railsware. Awotona berada di Kyiv delapan tahun lalu ketika pengunjuk rasa melawan pasukan pemerintah di jalan-jalan. 

Sekarang, di tengah perang, Calendly telah membantu merelokasi 10 pengembang kontraknya yang berbasis di Ukraina di Railsware dan telah memberikan dukungan keuangan kepada mereka dan keluarganya.
 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Berita iNews Mojokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut