get app
inews
Aa Read Next : Melihat Penemuan Pagar Sepanjang 150 Meter di Situs Bhree Kahuripan

Bendera Merah Putih Berasal dari Masa 6000 Tahun Silam

Minggu, 14 Agustus 2022 | 09:43 WIB
header img
Bendera merah putih. (Foto: Istimewa)

Di awal masa pendirian Majapahit, salah satu pemberontakan yang fenomenal adalah pemberontakan Jayakatwang.  Pemberontakan Jayakatwang adalah pemberontakan terakhir yang mengesahkan kiprah Raden Wijaya sebagai pendiri Majapahit yang sah.

Jayakatwang adalah seorang keturunan Kediri yang sebenarnya memberontak kepada Singasari. Ialah yang berhasil membunuh Raja Kertanegara, pemimpin terakhir Singasari.

Raden Wijaya sebagai anak mantu Prabu Kertanegara kala itu bertindak sebagai pemimpin pasukan yang menghadapi serangan Jayakatwang. Dalam situasi terdesak pasukan Raden Wijaya yang telah lemah mesti mengambil rute pelarian.

Dalam prasasti Butak dicatat, bendera merah putih berkibar di antara pasukan Jayakatwang dalam pengejaran yang membawa pasukan Raden Wijaya ke Desa Kudadu. Peristiwa tahun 1292 M ini pada akhirnya bisa dibalas oleh Raden Wijaya setahun kemudian.

Ini akhirnya menandai berdirinya kerajaan terbesar yang pernah berdiri di Indonesia dan menyatukan wilayah nusantara. Warna merah putih yang sejatinya adalah warna leluhur orang Indonesia terus-menerus digunakan sebagai simbol kesatuan.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut