get app
inews
Aa Read Next : Kemenkes Konfirmasi Cacar Monyet Pertama di Indonesia, Ditemukan di DKI Jakarta 

New York Darurat Cacar Monyet, Pemerintah Sebut 'Sudah Jadi Pusat Wabah'

Minggu, 31 Juli 2022 | 15:06 WIB
header img
Walikota New York, Eric Adams. (Foto: Twitter_@NYCMayor)

Walikota Adams mengingatkan bahwa wabah ini harus dihadapi dengan urgensi. Tindakan dan pemanfaatan sumber daya, baik secara nasional maupun global, serta deklarasi darurat kesehatan masyarakat ini mencerminkan keseriusan situasi New York saat ini.

Dalam dua hari terakhir, Gubernur New York, Kathy Hochul, juga menyatakan deklarasi darurat bencana negara bagian untuh wabah cacar monyet. Departemen kesehatan negara bagian juga menyebut monkeypox sebagai "ancaman segera terhadap kesehatan masyarakat".

Sejak deklarasi resmi WHO 23 Juli 2022 yang menyatakan monkeypox sebagai darurat kesehatan global, kota New York terus mengalami peningkatan kasus. Sebanyak 1.345 kasus tercatat pada Jumat, 29 Juli 2022.

Hingga saat ini, lebih dari 22.000 kasus cacar monyet dilaporkan di hampir 80 negara sejak Mei. 75 kasus di Afrika berakhir dengan kematian. 

Pada hari Jumat 29 juli 2022, Brasil dan Spanyol sudah mengumumkan korban kematian  pertama yang dilaporkan di luar Afrika. 

Masyarakat dihimbau bijak mengingat virus ini menyebar melalui kontak kulit ke kulit. Penerapan pola hidup bersih dan sehat menjadi kunci agar monkeypox berhenti menyebar.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut