get app
inews
Aa Read Next : Jenazah Pasien Diabetes Beraroma Manis Hingga Dikerubung Semut, Ini Penjelasan Medisnya

Diabetes Bisa Picu Komplikasi di Paru-Paru, Ini Penjelasannya

Minggu, 03 Juli 2022 | 18:31 WIB
header img
Diabetes bisa picu infeksi paru-paru. (Foto: kahl)

MOJOKERTO, iNews.id - Diabetes adalah penyakit yang kerap diiringi dengan komplikasi pada organ tubuh lainnya. Salah satu yang perlu diwaspadai bila mengidap diabetes adalah komplikasi paru-paru

Kaki, hati, dan ginjal adalah tiga organ tubuh yang paling sering muncul bila berbicara mengenai komplikasi diabetes. Namun ternyata, melansir dari laman Health Grades, ada penjelasan medis terkait penyakit diabetes yang dapat merambat ke paru-paru.

Sebuah hasil penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care membandingkan catatan kesehatan lebih dari 1,8 juta penduduk California dengan dan tanpa diabetes. Penelitian menemukan bahwa orang dewasa dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 memiliki tingkat kemungkinan lebih dari 8% menderita asma, 22% untuk memiliki penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), 54% lebih mungkin memiliki fibrosis paru (gangguan kemampuan bernapas), dan dua kali lipat peluang mengalami pneumonia.

Para ilmuwan tidak yakin persis mengapa diabetes dan fungsi paru-paru bisa terkait. Beberapa ahli mengatakan peradangan dalam tubuh adalah penyebabnya. 

Diabetes diketahui memang dapat menyebabkan peradangan di tubuh. Alasannya adalah penderita diabetes memiliki tingkat senyawa inflamasi yang lebih tinggi, seperti protein C-reaktif. 

Sebuah studi di Diabetes Care menemukan bahwa penanda peradangan yang tinggi terkait dengan fungsi paru-paru yang rendah. Dengan kata lain, bila di dalam tubuh telah terjadi peradangan akibat diabetes, hal tersebut sangat mungkin mengganggu kinerja paru-paru.

Bila situasi ini terlambat diketahui dan dibiarkan saja, diabetes komplikasi paru-paru niscaya sulit dihindari. Selian itu, diabetes ternyata memengaruhi jumlah volume udara yang bisa ditampung oleh paru-paru.

Penderita diabetes tipe 2 cenderung memiliki volume paru-paru 3% hingga 10% lebih rendah daripada orang yang tidak mengidap diabetes. Meski tidak berarti penderita diabetes memiliki fungsi paru-paru yang buruk, hal ini dapat menjadi pengingat untuk selalu disipilin menjaga organ vital ini agar tidak terkena diabetes komplikasi paru-paru.

Pola makan dan tidur yang buruk bisa saja membuat kondisi berkembang ke arah yang tidak diinginkan. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut