get app
inews
Aa Read Next : Ini Rangkaian Even Peringatan Hari Jadi Kota Mojokerto ke-106

Angka Pengangguran Meningkat, Kota Mojokerto Gelar Job Fair

Rabu, 29 Juni 2022 | 14:23 WIB
header img
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Kepala DPMPTSP Naker Haryana Dodik Murtono mengunjungi semua stand job fair

MOJOKERTO, iNews.id- Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) Kota Mojokerto menggelar job fair atau bursa kerja, Selasa (28/6/2022). Antusiasme para pencari kerja sungguh luar biasa, job fair yang digelar di Mall Pelayanan Publik (MPP) banjir peminat.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, bursa kerja itu merupakan rangkaian hari jadi Kota Mojokerto yang ke 104. “Kalau judulnya adalah Mini Job Fair tapi ternyata berdasarkan daftar hadir yang terlaporkan kepada saya sampai dengan pukul 09.40 pagi sudah ada 2.150 pencaker yang hadir. Jadikalau sudah begitu mininya harus dicoret ini, berarti ini bener-bener job fair,”  katanya.

Selama dua tahun pandemi melanda negeri ini, termasuk Kota Mojokerto, berdampak meningkatnya angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Penyebabnya adalah banyaknya perusahaan yang terjebak yang harus membatasi usahanya atau bahkan menutup secara keseluruhan usahanya sehingga harus mem-PHK seluruh tenaga kerjanya.

“Maka kesempatan hari ini adalah kesempatan yang sangat istimewa dengan banyaknya lowongan kerja yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan di kota Mojokerto ini diharapkan menjadi pemicu penurunan tingkat pengangguran selama 2 tahun pandemi ini,” ujarnya.

Menurutnya, ekonomi adalah salah satu sektor yang terdampak cukup signifikan dengan adanya berbagai regulasi pembatasan kegiatan maupun jalur distribusi. Sehingga di tahun 2022 ini dimana penyebaran Covid-19 sudah mampu dikendalikan oleh seluruh stakeholder, kesempatan untukmemulihkan kembali sektor ekonomi ini adalah prioritas bagi seluruh daerah.

“Tahun 2022 ini angka pertumbuhan ekonomi sementara yang dirilis oleh BPS sudah di atas 5%. Sehingga kita optimis sampai dengan akhir 2022 nanti pertumbuhan ekonomi Kota Mojokerto bisa dikatakan tumbuh normal seperti sedia kala,” harapnya.

Selanjutnya, bonus demografi. Di seluruh Indonesia harus memiliki satu kesiapan bagaimana menyambut bonus demografi. Usia produktif yang jumlahnya melebihi 50% dari total penduduk harus dipersiapkan. Artinya, keberuntungan sumber daya manusia usia produktif jangan menjadi beban bagi daerah dan negara tapi justru sebaliknya bonus demografi ini harus menjadi sebuah potensi untuk meningkatkan kesejahteraan dan juga kemajuan daerah.

“Maka berdasarkan indeks pembangunan kota Mojokerto yang sudah berada di angka 78,09, saya optimis bonus demografi Kota Mojokerto adalah sebuah berkah,” ujarnya.

Kepala DPMPTSP Naker Haryana Dodik Murtono menambahkan, job fair kali ini diikuti oleh 25 perusahaan dengan 1.587 lowongan kerja. Dan job fair ditutup pada pukul 16.00, total jumlah pencaker yang hadir sebanyak 3.716 orang dengan rincian warga kota Mojokerto sebanyak 1.003 orang dan warga luar kota 2.713 orang.

“Kami ucapkan terimakasih kepada perusahaan peserta job fair yang telah bersedia membuka lowongan kerja. Semoga kerja sama ini dapat berlanjut di tahun yang akan datang,” katanya.

Menurut data statistis BPS, jumlah 132,34 ribu penduduk di kota Mojokerto tercatat yang paling sedikit di Jawa Timur. Dari jumlah itu, 69.355 orang di antaranya masuk kategori usia angkatan kerja, yang meliputi 64.587 penduduk bekerja dan 4.768 orang pengangguran atau sebanyak 3.215 pernah bekerja serta 1.553 tidak bekerja.

Apabila dibandingkan dengan jumlah pengangguran terbuka tahun 2020 yang berjumlah 4.712 orang makantelah terjadi kenaikan pengangguran terbuka sebanyak 56 orang. “Melalui Job Fair seperti ini diharapkan kedua belah pihak dapat bertemu secara langsung sehingga mempercepat proses penempatan,” tandasnya.

Editor : Trisna Eka Adhitya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut