Kasus Covid-19 Disebut Menurun Drastis Hingga 97 Persen

Trisna Eka Adhitya
Menko Luhut Binsar pandjaitan. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Kasus harian Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan drastis. Di bulan Ramadan kali ini, kasus harian disebut menurun sebesar 97 persen. 

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut mengatakan dalam waktu tiga bulan terakhir, kasus harian Covid-19 telah menurun sejak puncak penularan Omicron. 

“Bila dilihat secara nasional dalam waktu kurang dari 3 bulan, ini kasus harian telah menurun sangat tajam hingga 97 persen dari puncak kasus yang disebabkan oleh Omicron,” katanya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (4/4/2022). 

Selain itu, Luhut mengatakan saat ini kasus aktif penularan Covid-19 di Indonesia hanya di angka 100.000 kasus aktif. Dengan rendahnya kasus aktif, positivity rate Indonesia berada di bawah standar WHO yakni 4 persen. 

“Hal lain yang menggambarkan bahwa kondisi Covid-19 varian Omicron cukup baik terlihat dari turunnya rawat inap rumah sakit hingga 85 persen. BOR rumah sakit saat ini yang hanya 6 persen hingga positivity rate di bawah standar WHO yakni 4 persen,” kata Luhut. 

Vatality rate yang menyebabkan pasien Covid-19 meninggal dunia juga dikatakan menurun tajam hingga 80 persen. 

“Dari data-data yang di atas kami menarik kesimpulan bahwa kondisi Omicron Indonesia saat ini berada pada pada posisi yang terkendali,” tutup Luhut. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network