IIMS 2022 Diharapkan Jadi Momentum Pemulihan Ekonomi Melalui industri Otomotif

Trisna Eka Adhitya
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berharap IIMS 2022 dongkrak kebangkitan industri otomotif di Indonesia. (Foto: Azhfar M)

JAKARTA, iNews.id - Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 diharapkan menjadi pendongkrak kebangkitan industri otomotif di Indonesia. Dengan adanya pameran dan berbagai insentif yang diberikan Pemerintah, pemulihan ekonomi dari sisi industri otomotif dapat terus membaik. 

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto yang mewakili Presiden Joko Widodo saat membuka pameran IIMS Hybrid 2022, di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat mengatakan, Pemerintah terus mendorong perkembangan industri otomotif melalui insentif potongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan tertentu. 

“Pameran IIMS 2022, semoga bisa mendorong sejumlah kebangkitan khususnya di dalam industri otomotif melalui PPnBM,” kata dia Kamis (31/11/2021).

Selain itu, melalui ajang ini, Airlangga juga mengatakan, inovasi dalam bidang otomotif menjadi hal yang dapat mendorong daya beli masyarakat. Dengan demikian pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 dapat dipercepat. 

“Berkat sejumlah pameran, IIMS misalnya kini sejumlah penjualan otomotif dan adanya program insentif PPnBM yang merupakan projek perbaikan yang terbaik untuk pemulihan ekonomi nasional,” tuturnya.  

Adanya kebijakan relaksasi PPnBM, membuat kinerja penjualan mobil kembali menguat. Penjualan mobil selama Februari 2022 tercatat sebesar 81.230 unit atau naik sekitar 65,09 persen (yoy) jika dibandingkan Februari 2021.  

Pemerintah juga tengah mendorong sejumlah program kendaraan listrik di pameran IIMS 2022. IIMS 2022 digelar hingga 10 April 2022. Total ada 14 merek mobil dan 13 pabrikan motor yang akan ambil bagian. 

Editor : Trisna Eka Adhitya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network